Satrol Lantamal IV Gelar Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut

Bintan, Kepri (cMczone.com) – Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Satrol Lantamal) IV, kembali menggelar Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR) Di Laut Tahun 2020 yang berlangsung di perairan Dermaga TNI Angkatan Laut Mentigi, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (11/12/2020). 

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini merupakan latihan rutin yang diselenggarakan oleh Lantamal IV untuk para prajurit pengawak KRI dan KAL di jajaran Satrol Lantamal IV.

Peserta latihan Pencarian dan Penyelamatan kali ini diikuti oleh 60 orang Prajurit jajaran Satrol Lantamal IV, dengan pelatih yang sudah berpengalaman di bidangnya, yaitu dari Kantor Perwakilan Pencarian dan Penyelamatan Tanjungpinang.

Baca Juga :   Kapolda Sumut Resmikan RS Bhayangkara TK IV Batangtoru

Skenario Latihannya adalah ada satu buah kapal nelayan hilang berdasarkan informasi dari Kantor Pencarian dan Penyelamatan Tanjungpinang kemudian atas perintah pimpinan KAL Marapas I-4-65 melaksanakan Manufer Lapangan (Manlap) untuk Pencarian dan Penyelamatan, setelah beberapa jam pencarian akhir dapat ditemukan dua orang nelayan yang terapung di atas air.

Selanjutnya KAL Marapas I-4-65 mengeluarkan skoci untuk penyelamat kedua orang nelayan tersebut, akhirnya kedua nelayan tersebut dapat diselamatkan tentunya dengan pertolongan pertama sesuai dengan teori yang sudah didapat.

“Latihan ini sangatlah baik karena sering terjadi kasus-kasus seperti ini apabila sedang dalam tugas patroli,” ujar Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV, Mayor Marinir Saul Jamlaay.

Baca Juga :   Kurang Lebih Dua Tahun Murid SMP Satap (Satu Atap) 4 Merangin Belajar Duduk Di Lantai

Setiap pelaku harus mencoba bagaimana merasakan saat diperintahkan pimpinan untuk melaksanakan pertolongan kepada orang yang perlu diselamatkan.

“Kita berharap latihan dapat berjalan dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga nanti saat pada pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan rencana, serta akan disempurnakan SOP tentang tahapan Pencarian dan Penyelamat terkait pada saat ini TNI Angkatan Laut sedang membangun Reformasi Birokrasi,” pungkas Mayor Marinir Saul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dansatrol Lantamal IV, Letkol Laut (P) Arif Prasetyo, SE, Dan KRI Krait-827, Dan KRI Silea-858, Dan KRI Sigurot-864, Dan KAL Mapor I-4-64, Dan KAL Marapas I.4.65.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV