Begini Tanggapan Koordiv Tekhnis KPU Selayar Soal Aplikasi Sirekap

Selayar,(cmczone.com)- Komisioner Kpmisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar memastikan pemanfaatan aplikasi sirekap web pada tahapan dan proses tungsura hasil pilkada serentak, berjalan normal dan berhasil menunjukkan capaian hasil pemungutan serta perhitungan suara yang cukup memuaskan.

Aplikasi ini bahkan terbukti mampu menjangkau sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan Selayar.

Meski demikian, secara kelembagaan kpu mengaku belum bisa mengumumkan dan merealease secara esmi perolehan hasil.

“Perolehan hasil akan kami umumkan secara resmi setelah mendapat penetapan melalui rangkaian rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten”, beber, koordinator divisi tekhnis kpu, Andi Dewantara.

“Meski belum diumumkan secara kelembagaan, akan tetapi, masyarakat tetap dapat mengakses informasi hasil rekapitulasi dan perhitungan suara, lengkap bersama lampiran form c melalui halaman website kpu, info pemilu”.

“di halaman tersebut, masyarakat sudah bisa mengakses dan menyaksikan hasil final rekapitulasi dan perhitungan suara dari keseluruhan lokasi tps di sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan.

Baca Juga :   Anggota DPRD Komisi III Dapil II Fraksi PKB Lakukan Resses di Desa Mekar Sari

Lanjut Andi Dewantara menyampaikan rasa syukur, karena ditengah keterbatasan layanan jasa internet service provider (ISP) yang hanya disediakan oleh PT. Telkomsel, Indosat, dan XL.

Namun satu keistimewaan tersendiri, sebab Selayar, ternyata berhasil bertengger pada posisi yang lumayan baik dan melampaui beberapa kabupaten kota lain di Sulsel dengan dukungan kepemilikan layanan ISP yang jauh lebih memadai dibandingkan dengan Selayar.

Makassar, Maros, dan Pangkep berada jauh di bawah posisi KPU Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sebuah capaian yang diakuinya, tak lepas dari peran dan kerja-kerja solid tim tekhnis yang dimotori Andi Ruslan, Mahyudin, dkk dengan dukungan optimalisasi kerja teman-teman penyelenggara, sekaligus ‘pejuang’ pilkada di level kecamatan.

Alhamdulillah, karena target untuk menyukseskan penerapan aplikasi sirekap web; sebagai langkah terobosan baru dalam mendukung proses transparansi untuk menghadirkan kemudahan pada proses tungsura pilkada serentak tahun 2020.

Baca Juga :   Jambore Nasional Ke-XI 2022: Kwarcab Bintan Utus 30 Orang

“Saya kira, proses ini sudah berhasil kita lewati dengan baik dan sukses di tengah keterbatasan penyedia layanan jasa internet service provider (ISP).

Kendati target untuk bisa melewati sebelas kpu kabupaten kota lain di Sulawesi-Selatan, belum bisa ‘dipecahkan’ KPU Selayar.

Akan tetapi ada satu bentuk kesyukuran tersendiri, karena dengan keterbatasan yang membelenggu kita, Selayar mampu bertengger pada urutan yang lumayan tinggi dengan melampaui beberapa kabupaten kota lain di Sulsel”.

Sungguhpun demikian, Andi Dewantara berharap agar kedepan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dapat melakukan upgrade dan membagi server sirekap web dalam tiga puluh tiga jalur provinsi agar masing-masing provinsi dimungkinkan untuk mengakses serta menggunakan jalur tersendiri.

Saran dan masukan ini disampaikannya sebagai bentuk evaluasi dan tawaran solusi untuk lebih mengefektifkan penerapan sirekap web, setelah melewati uji coba, kali pertama, pada penyelenggaraan pilkada serentak, tahun 2020.

Baca Juga :   H. Sukiman Lakukan Proses Awal Pendaftaran BALON Bupati ROHUL

Pasalnya, penerapan sirekap web terkadang masih mengharuskan kpu untuk bersabar menunggu antrian panjang dalam memberikan akses layanan kepada pengguna aplikasi sirekap web lainnya.

Saran dan masukan lain dititipkan kepada pemerintah agar agar dapat lebih mengoptimalkan perjuagannya dalam rangka menghadirkan jaringan forji dan atau layanan 4G di setiap wilayah desa dan dusun terpencil di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sehingga denga demikian; agregasi operator LTE yang menggunakan tekhnologi carrier aggregation (CA) diharapkan akan dapat lebih meningkatkan dan mengaktifkan bandwidth transmisi.

Persoalan ini mutlak, membutuhkan peran dan tanggung jawab pemerintah, terutama dalam rangka untuk lebih mengefektifkan ketepatan waktu publikasi hasil pemungutan serta penghitungan suara pada rangkaian pemilu-pemilu berikutnya dan sekaligus mewujudkan harapan besar Selayar sebagai kabupaten unit pengguna sirekap web tersukses dan tercepat di pilkada-pilkada mendatang, kuncinya kepada awak media, hari, Senin, (14/12) malam. (Andi Fadly Dg. Biritta)