oleh

Peringatan Peristiwa Situjuah di Banjiri Tokoh dan Pemberian Piagam Penghargaan

Limapuluh kota,(cmczone.com)- Ziarah dan Tabur bunga di Komplek Makam Pahlawan Lurah Kincia di Nagari Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota , Hari Jumat 15 Januari 2021 dihadiri oleh Para Tokoh tokoh Luak 50 , yang di sambut oleh Wali Nagari Situjuah Batur Don veski Dt.Tan Marajo beserta segenap Anak Nagari Situjuah Batua dan sekitarnya beserta Ahli Waris Keluarga Para Pejuang.

Tampak Para Tokoh tokoh yang hadir , Bupati 50 Kota Irfendi Arbi , Walikota Payakumbuh Riza Falepi , Mantan Bupati 50 Kota Alis Marajo , Walikota Panjang ( diwakili ) , Kapolres Payakumbuh , Dandim 0306 dan Tokoh tokoh lainnya.

Wali Nagari Situjuah Batua DV.Dt.Tan Marajo mengatakan ‘ Terima Kasih Kepada Para Tokoh yang Hadir , mudah mudahan dengan Mengenang Perjuangan Para Pahlawan bisa menjadi renungan untuk kita semua , Bahwa mereka telah mengorbankan Nyawa mereka untuk Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan Para Penjajah ‘ ujar Pak Wali Nagari sangat bersahaja ini.

Baca Juga :   Diduga Plt. Kabid.PSDA ( Dinas PUPR Kab.50 kota ) Rusdi ' berselingkuh ' Dengan Istri Sahabatnya Sendiri

Selanjutnya Pak Wali Nagari Mengatakan ‘ Para Pelaku Sejarah tersebut terutama Alm.Khatib Sulaiman ( Ketua MPRD .red ) sudah di usulkan untuk segera menjadi Pahlawan Nasional , mari sama sama kita kawal dan perjuangkan ‘ Harap DV.Dt.Tan Marajo.

Bupati 50 Kota Irfendi Arbi setelah selesai acara Peringatan kepada awak media mengatakan ‘ Alhamdulillah ditengah Pandemi kita masih bisa memperingati Peringatan peristiwa Lurah Kincia yang Ke 72 tahun dengan Hikmat dan dengan mengikuti Protokol Covid-19 , selanjutnya Terima Kasih kepada semua fihak yang telah berusaha mewujudkan acara peringatan ini , Lalu marilah sama sama mengambil Hikmah dari Peristiwa ini dalam mengisi kemerdekaan ‘ Ujar Pak Bupati 50 Kota.

Baca Juga :   Lembaga Sumatera Barat Leadership Forum(SBLF) Menyatakan "SAFARI Meraih Elektabilitas Tertinggi"

Walikota Payakumbuh H.Riza Falepi mengatakan ‘ Peristiwa Situjuah adalah Rangkaian dari perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan dengan mendirikan Pemerintahan karena Ibukota Republik waktu itu sudah di kuasai oleh Penjajah dengan mendirikan PDRI ( Pemerintahan Darurat Republik Indonesia ) dengan Ibukotanya adalah Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh saat ini ‘ Ujar Pak Walikota Payakumbuh.

Tokoh Sentral dari di akuinya Peristiwa Situjuah sebagai Salah satu Peristiwa Pilar Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dari Penjajah sehingga di akui di tingkat pusat adalah Mantan Bupati 50 Kota Dr.Alis Marajo St.Sori Marajo dengan Keberanian nya mengeluarkan Pebup No.34 tahun 2011 , ketika beliau memimpin Kabupaten 50 Kota sebagai Bupati.


‘ Keberanian seluruh Stake Holder di Kabupaten 50 Kota untuk menuangkan menjadi sebuah Perbup , sehingga peristiwa tersebut menjadi Agenda rutin Kabupaten setiap tahunnya ‘ pungkas Mak Alis kepada awak media.

Baca Juga :   SAFARI : Jadikan Nagari-Nagari sebagai Poros Pembangunan Daerah

Selanjutnya Penyerahan Piagam Penghargaan sebanyak 16 buah.
13 Penghargaan untuk ahli waris para pejuang.
3 Penghargaan khusus di berikan kepada para tokoh masyarakat yang telah peduli akan jasa jasa para pahlawan.

Adapun 3 orang tersebut adalah :

1. Alis Marajo , berjasa denga mengeluarkan Perbup No.34 th 2011
2. ALM.Mayjen Ismet Yuzairi Mantan Pangdam 3 Bukit Barisan , yang berjasa telah memugar Akses Ke Lokasi Makam Pahlawan.
3. ALM.Tamrin Manan , Memperjuangkan Peristiwa Situjuah sebagai salah satu perjuangan Kemerdekaan Indonesia sehingga menjadi Kepres ( Keputusan Presiden ) yang diterima langsung oleh Kamanakan beliau H.Riza Falepi.

Penulis: sukri

Komentar

Berita Lainnya