oleh

Peletakan Batu Pertama ( Ground Breaking ) Tanda di Mulainya Perbaikan Jalan Provinsi di Resmikan Oleh Gubernur Sumbar H.Irwan Prayitno

Limapuluh kota,(cmczone.com)- Jalan Provinsi Penghubung Kota Payakumbuh ke Sitangkai yang mengalami kerusakan berat dan ringan di beberapa titik , ruas jalan yang mengalami kerusakan tersebut terpantau lebih dari 4 kilometer.

Paling dominan kerusakan adalah di lingkup Kecamatan Lareh Sago Halaban ( Lasahan ) Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat.

Adapun penyebab kerusakan adalah Truk truk besar pengangkut material pembuatan Jalan tol Padang – Pekan Baru ( PT.HKI ) yang melewati jalur tersebut memuat material melebihi tonase yang telah di tentukan , sehingga jalan Provinsi Klasifikasi III ini rusak dan berlobang , sehingga mengganggu aktifitas warga dalam beberapa tahun terakhir.

Upaya perbaikan jalan tersebut sudah digaungkan sejak jauh jauh hari .
Tidak kurang dari Tokoh tokoh masyarakat Lasahan , Pemkab Kabupaten 50 Kota beserta masyarakat pengguna jalan itu sendiri sudah meminta kepada PT.HKI ( Hutama Karya Infrastruktur ) dan Pemprov Sumbar serta Pemerintah Pusat untuk segera memperbaiki jalan tersebut.

Baca Juga :   Camat Palupuah ' bersandiwara ' dengan judul : ' Managakkan banang basah '.

Perjuangan panjang dan berliku tersebut akhirnya mulai menemui titik terang tanda di mulainya perbaikan jalan tersebut secara
bertahap Pada Hari Sabtu 16/1 yang dimulai secara resmi peletakan batu pertama dan pengguntingan oleh Gubernur Sumbar H.Irwan Prayitno di dampingi oleh Anggota Komisi VI – DPR RI Ibu Nevi Zuairina , Wk.Ketua DPRD Provinsi H.Irsyad Safar , Bupati 50 Kota/ yang mewakili , Anggota DPRD Kab.50 Kota Zukron B.Ac , Walikota Payakumbuh H.Riza Falepi ,Forkopimcam dan seluruh unsur masyarakat yang ada di Lasahan.
Adapun perbaikan di kerjakan langsung oleh PT.HKI.

Dalam sambutannya H.Irwan Prayitno mengatakan ‘ Untuk tahap pertama perbaikan jalan ini menggunakan Dana CSR dari PT.HKI senilai 2 milyar , selanjutnya akan di susul dengan APBD Provinsi tahun 2021 senilai 4,8 milyar , dst sampai selesai ‘ ujar Pak Gubernur yang akan mengakhiri masa Jabatannya ( 2 Periode ) Pertengahan Februari 2021.

‘ Kita mengharapkan estafet kepemimpinan tidak mengganggu anggaran yang sudah kami anggarkan di APBD , mari sama sama kita Kawal , selanjutnya pasca perbaikan selesai mari pula sama sama kita jaga dan mudah2an manfaat jalan penghubung ini bisa di nikmati masyarakat secepatnya ‘ pungkas Prof.Dr.H.Irwan Prayitno dalam sambutannya.

Baca Juga :   SAFARI Membantah Lakukan Dugaan Money Politik

Ibu Hj.Nevi Zuarina ( Anggota DPR RI Dapil 2 – Sumbar ) dalam sambutannya mengatakan ‘ Kami ikut mengawal Program Pemerintah ini ( CSR ) untuk sampai ke Kecamatan Lasahan dan terima kasih kepada PT.HKI yang akan segera memperbaiki jalan Payakumbuh – Sitangkai ini ‘ ujarnya.

Selanjutnya Perwakilan PT.HKI ( Rahmad Danang ) dalam sambutannya mengatakan ‘ Kami akan menggunakan dana CSR dalam perbaikan jalan ini yang selaras amanat dari Pemerintah yaitu Untuk mewujudkan Kesejahteraan masyarakat dalam melakukan aktifitas tidak terkendala oleh akses yang tidak layak sehingga bisa membantu sebagai daya ungkit perekonomian dan mobilisasi masyarakat Ke dan dari Payakumbuh serta daerah lainnya ‘ ungkap Pak Danang kepada Audiens yang hadir.

Baca Juga :   Bus Pariwisata yang Membawa Rombongan ASN Kabupaten Agam Mengalami Kecelakaan Naas di Mandailing Natal

H.Riza Falepi yang hadir sebagai undangan mengatakan ‘ Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh merupakan satu kesatuan persaudaraan yang tidak bisa di pisahkan , jadi saya hadir disini sebagai saudara yang ikut bergembira dengan akan di perbaikinya akses jalan Provinsi ini , Karena Jalan ini merupakan urat nadi bagi masyarakat Payakumbuh dan 50 Kota ‘ Ungkap Pak Wali Kota Payakumbuh.

Tokoh Masyarakat Lasahan Syamsul Dt.Mangkuto mengucapkan Terima Kasih yang tidak kepada semua fihak yang telah berjuang dalam perbaikan jalan ini.

Tokoh Lasahan lainnya yang telah berjuang maksimal dalam mewujudkan perbaikan jalan ini BapakbRudi Arnel ketika di temui awak media mengatakan ‘ Alhamdulillah hari ini akan kita mulai perbaikannya dengan PT.HKI dan saya mewakili Masyarakat di Lasahan akan mengawal perbaikan jalan ini hingga selesai ‘ ujarnya kepada media ini Sabtu 16 Januari 2021.

Pewarta : Sukrianto

Komentar

Berita Lainnya