oleh

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Cara Drug Abuse Test dan Drug Wipe Polres Tanjungpinang Cek Personilnya

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Sebagai upaya mengantisipasi penyalahgunaan Narkotika dan Obat Berbahaya (Narkoba), Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang melaksanakan pengecekan terhadap personilnya, Kamis (28/1/2021). 

Pengecekan dilakukan dengan cara pemeriksaan Urine (Drug Abuse Test) dan Air Liur (Drug Wipe). Selanjutnya, pengambilan sampel dilakukan oleh Urusan Kesehatan (Urkes)  yang diawasi oleh anggota Profesi dan Pengamanan (Propam).

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, SH, SIK, mengatakan, bahwa tes urine ini merupakan bagian dari kegiatan Penegakan, Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) yang rutin dilaksanakan oleh bagian Propam terhadap seluruh anggota.

“Gaktibplin ini difokuskan pada antisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat barbahaya. Kegiatan ini diikuti oleh 11 personil,” jelas AKBP Fernando.

Baca Juga :   Lagi, Polsek Tanjungpinang Timur Bagikan Makanan melalui Dapur Umum untuk Masyarakat

3 personil dilakukan pengecekan Urine dan 8 personil lainnya dilakukan pengecekan melalui air liur. Semuanya dinyatakan negatif atau tidak ditemukan yang menggunakan Narkoba.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Propam, IPDA Syamsuriya, S.Sos, M.Si, mengatakan, bahwa pelaksanaan pemeriksaan tersebut berdasarkan STR Kapolri Nomor :  ST / 116 / I / HUK.7.1 / 2021 tanggal 25 Januari 2021 tentang Penyalahgunaan Narkoba, berkaitan dengan hal tersebut maka dilaksanakan pengecekan Urine secara berkala dan random. Dan apabila ditemukan penyalahgunaan Narkoba, maka pilihannya pidana atau pecat

“Selain itu kami juga menghimbau kepada personil Polres Tanjungpinang agar tetap menerapkan protokol kesehatan bagi anggota Polri dan ASN di lingkungan Polres Tanjungpinang, guna menekan penyebaran virus Covid-19,” ujar IPDA Suriya.

Baca Juga :   Polres Bintan Dapat Bantuan 2,5 Milyar untuk Pengamanan Pilkada

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Hms Polres Tanjungpinang

 

Komentar

Berita Lainnya