oleh

Sembari Berikan Pembekalan Hukum, Letkol Deni Berikan Doorprize

Bintan, Kepri (cMczone.com) – Kepala Dinas Hukum Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Kadiskum Lantamal IV) Tanjungpinang, Letkol Laut (KH) R Deni Nugraha Ramdani, SH, MH, MM, M.Tr.Hanla, memberikan “Pembekalan Hukum” pada Latihan Visit Board And Seizure (VBSS) Satrol Lantamal IV Tri Wulan (TW) I Tahun 2021, yang berlangsung di Kantor Satuan Patroli (Satrol) Lantamal IV, Komplek Koarmada I, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu siang (17/2/2021).

Letkol Deni dalam pembekalannya memberi judul Penegakan Hukum di Wilayah Perbatasan dimana tengah menghangatnya konflik di Laut Cina Selatan berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dan perdamaian di Laut Natuna Utara.

Dalam pembekalannya Letkol Deni menjelaskan, bahwa permasalahan batas maritim di Laut Natuna Utara belum tuntas, sehingga unsur/KRI di lapangan dalam melaksanakan penegakan kedaulatan dan hukum berpotensi menimbulkan konflik.

Baca Juga :   Lantamal IV Dapat Bantuan Masker KN 95 dari Kemenhan RI

Operasi di Laut Natuna Utara rentan terjadi pelibatan (Engagement) antara unsur TNI Angkatan Laut dengan kapal sipil asing, kapal pemerintah asing dan kapal/pesawat udara perang asing baik Claiment State maupun Non Claiment State.

“Untuk itu diperlukan Aturan Pelibatan (RoE) sebagai pedoman bagi para Komandan Unsur/KRI di lapangan dalam bertindak mengambil suatu keputusan dengan cepat, tepat dan bertanggung jawab,” ujar Letkol Deni.

Letkol Deni juga menyampaikan ketentuan-ketentuan yang berkaitan tentang Hak Lintas Damai, Hak Lintas Transit, Hak Lintas ALKI, Hak Akses Komunikasi, Penerapan Penegakan Hukum di wilayah Undelimited Area (Tumpang Tindih) dan Tata Cara Berlalu Lintas di Traffic Separation Shcame (TSS).

Baca Juga :   Sambut HUT ke-74 Jalasenastri, Korcab IV DJA I Bagikan Sembako pada Penyapu Jalan dan PHL Lantamal IV

“Untuk itu para Komandan unsur/KRI di lapangan wajib untuk mengetahui dan memahami aturan-aturan Hukum Nasional dan Hukum Internasional,” kata Letkol Deni.

Kegiatan Latihan VBSS ini diikuti oleh Dansatrol Lantamal IV, Letkol Laut (P) Arif Prasetyo, SE, Pasops Satrol Lantamal IV, Mayor Laut (P) Eko, para Komandan KRI, para Komandan KAL dan para Komandan Patkamla di Jajaran Satrol Lantamal IV.

Untuk memberikan semangat dalam berinteraksi, Letkol Deni memberikan doorprize bagi personil yang dapat menjawab pertanyaan, maupun yang bertanya.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV

Komentar

Berita Lainnya