oleh

Api Hampir Merambat ke Pemukiman, Polsek Tanjungpinang Timur dan DPKP Gerak Cepat Padamkan Kebakaran

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Di Jalan Hanjoyo Putro, Kampung Sumber Karya, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), si jago merah kembali menghanguskan lebih kurang 1 hektar lahan. 

“Kebakaran tersebut menjadi perhatian warga karena terjadi di wilayah pemukiman dan di pinggir jalan,” ungkap Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Firuddin.

AKP Firuddin mengatakan, kejadian kebakaran tersebut dilaporkan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu 9 pada Polsek Tanjungpinang Timur.

“Saya dan personil langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kebakaran dan selanjutnya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang. Sekitar pukul 11.15 WIB, mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) tiba dan langsung melakukan pemadaman api. Dan kurang lebih 1 jam kemudian, api sudah dapat dipadamkan dengan sempurna,” jelas AKP Firuddin.

Baca Juga :   Polres Tanjungpinang Gelar Sertijab Kasat dan Kapolsek

Terpantau, masyarakat yang menyaksikan kejadian tersebut memberikan dua jempol kepada aparat kepolisian dan personil DPKP yang telah bersinergi serta bahu membahu melakukan pemadaman api.

“Walaupun hari Minggu dan libur, namun personil Polsek Tanjungpinang Timur bersama DPKP bisa dengan segera tiba di lokasi dan melakukan pemadaman terhadap api yang membakar lahan,” kata salah seorang warga.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, SH, SIK, melalui AKP Firuddin mengatakan, bahwa penanganan kebakaran lahan dan hutan harus segera mendapatkan penanganan yang serius baik siang atau malam, jam kerja ataupun hari libur. Karena jika penanganannya lambat selain dapat membahayakan kesehatan masyarakat juga dapat menimbulkan kerugian materi berupa kebakaran rumah dan fasilitas lainnya.

Baca Juga :   Kolonel Inf Harnoto, S.Sos Jabat Danrem 033/WP Gantikan Brigjen TNI Gabriel Lema, S.Sos

“Dan beruntung kebakaran lahan ini belum sempat meluas dan sudah dapat ditangani,” ujar AKP Firuddin.

Mengenai pelaku pembakaran lahan ini, kata AKP Firuddin, akan segera diselidiki lebih lanjut dan diharapkan peran serta masyarakat untuk sama sama menjaga wilayahnya agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan.

“Apalagi sudah memasuki musim kemarau dan juga diharapkan peran masyarakat untuk melaporkan kepada Polisi atau Bhabinkamtibmas bagi siapa yang melakukan pembakaran lahan,” pungkas AKP Firuddin.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Hms Polsek Tanjungpinang Timur

Komentar

Berita Lainnya