oleh

Milad ke-4, Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang Gelar Kegiatan “Bedah Aksara Sunda”

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Dalam rangka Milad ke-4 Tahun 2021, Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan “Bedah Aksara Sunda” di Aula Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jalan Pramuka, No. 7, Kota Tanjungpinang, Minggu (21/2/2021).

Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, Kang Saeful Mukkarom mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk kegiatan untuk melestarikan nilai budaya Sunda, dimana warga Pasundan yang ada di Kota Tanjungpinang ikut menghadiri kegiatan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesahatan Covid-19.

“Memaknai Milad ke-4 Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, warga sunda di Tanjungpinang membedah Aksara Sunda yang merupakan wujud untuk melestarikan nilai budaya Sunda yang disampaikan oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Kepri sebagai Narasumber,” ungkap Kang Saeful.

Baca Juga :   Aspotmar Danlantamal IV Hadiri Kegiatan Bhaksos yang Digelar Kogabwilhan I

Adapun materi wujud Budaya Sunda yang dibahas yaitu nilai dalam pelestarian, nilai pandangan hidup, karakter manusia berbudaya, prilaku masyarakat sunda, karya atau ekspresi budaya sunda, seni sunda, kampung adat sunda, kekerabatan, makanan khas pasundan, profesi masyarakat sunda, kerajaan sunda dan terakhir adalah membedah aksara dan bahasa Sunda.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan, sambutan Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, acara inti Bedah Aksara Sunda, doa dilanjutkan ramah tamah (ngaliwet bareng) menikmati makan khas Pasundan, tak lupa kegiatan ini juga disiarkan Live di Media sosial Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang.

Di Tempat terpisah, Letkol Inf. Ari Suseno (mantan Dandim 0315/Bintan Tahun 2017) selaku Ketua Pembina Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh warga Pasundan Kota Tanjungpinang yang telah meluangkan waktu untuk ikut melestarikan Budaya Pasundan.

Baca Juga :   Minimalisir Penyebaran Covid-19, Syahrul Semprot Disinfektan di Pasar

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT membalas kebaikan semuanya,” tutur Letkol Ari.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Hms Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang)

Komentar

Berita Lainnya