oleh

Danlantamal IV Ikuti Pembacaan Taklimat Awal Wasrik dari BPK RI

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlantamal IV), Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, SE, M.Han, mengikuti pembacaan Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. 

Kegiatan pembacaan Taklimat Awal Wasrik tersebut berlangsung di ruang rapat Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, No.1, Batu Hitam, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa  (2/3/2021).

Kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 5  Maret 2021 yang nantinya akan berkunjung ke Rumkital dr. Midiato Suratani, Fasharkan Mentigi dan Lanudal Tanjungpinang.

Tujuan dari Wasrik ini adalah sebagai sarana kendali untuk mengetahui sampai dimana perkembangan dan peningkatan pelaksanaan program kegiatan yang telah dilaksanakan di satuan-satuan TNI Angkatan Laut yang berada di Tanjungpinang dan Tanjung Uban.

Baca Juga :   Pemuda Teluk Bakau Siap AMAN-kan "Bintan Rumah Kita"

“Kegiatan Wasrik ini mempunyai dua makna strategis yang sangat berguna bagi perkembangan Lantamal IV terutama dalam upaya pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujar Laksamana Pertama Indarto.

Wasrik merupakan wahana yang tepat untuk memberikan informasi-informasi baru tentang berbagai kebijakan dan arahan yang digariskan pemerintah serta untuk menyampaikan hasil temuan-temuan dan koreksi yang perlu disampaikan atas laporan keuangan Unit Organisasi TNI Angkatan Laut Tahun 2020.

Ditempat yang sama Pengendali Teknis 2, Abdul Hakim, SE, M.Si, mengatakan, bahwa tujuan pemeriksaan atas laporan keuangan dengan mempertimbangkan kuantitatif dan kualitatif sesuai aspek kesesuaian LK dengan SAP, kecakupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta efektifitas system pengendalian intern.

Baca Juga :   Ansar Ahmad : Ke Depan Tidak Ada Istilah Ruli Lagi di Batam

“Sasaran pemeriksaannya adalah kecukupan pengungkapan atas pagu dan realisasi anggaran LKKL, khususnya anggaran untuk penangananan Covid-19 serta keberadaan, kelengkapan, akurasi, pisah batas, klasifikasi, penilaian serta hak dan kewajiban atas saldo kas, uang muka, persediaan, aset tetap, aset lainnya, PNBP, Belanja Barang, Belanja Modal, serta pendapatan dan beban penyusutan,” pungkas Abdul Hakim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadanlantamal IV, Kolonel Marinir Andi Rahmat M, para Pejabat Utama Lantamal IV, Wakabin Rumkital dr Midiato Suratani, Kolonel Laut (K) Dr. Haposan Samosir, Kadis dan Kasatker Lantamal IV.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV

Komentar

Berita Lainnya