oleh

BKSDA Limapuluh kota Berhasil Menangkap Seekor Macan Dahan Yang Mangsa 5 Ekor Kambing Warga

Dok. BKSDA Limapuluh kota

Limapuluh kota,(cmczone.com)- BKSDA Limapuluh kota berhasil menangkap seekor macan dahan yang telah memangsa 5 ekor kambing milik warga pada rabu 3/3/21 sampai kamis 4/3/21.

Di lansir dari langgam.id, macan dahan memangsa 5 ekor kambing milik warga di daerah Ateh Padang, Jorong Sikabu-kabu, Nagari Tanjuang Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Resort KSDA Limapuluh Kota, Martias, mengatakan peristiwa ini terjadi sejak Rabu (3/3/2021) sampai Kamis (4/3/2021). Sebanyak 5 ekor kambing terdebut diduga diterkam oleh harimau dahan atau macan dahan.

“Iya ada, kejadiannya sudah 2 hari yang lewat, yaitu pada Rabu tanggal 03 Maret 2021, kambing tersebut ditemukan dalam keadaan mati dengan kepala terluka,” katanya, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga :   Wawako Payakumbuh H.Erwin Yunas SE.MM Dan Indo Jalito Suport PERTAP Dalam Kegiatan Jum'at Berkah

Menurutnya tubuh kambing tersebut tidak habis dimakan. Peristiwa tersebut belum pernah terjadi sebelumnya di daerah itu.

“Selanjutnya kami pasang perangkap untuk dapat mengamankan satwa liar tersebut, kemarin kita sudah memasang perangkap, karena satu ekor macan dahan telah menerkam ternak warga,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah memasang perangkap dan ternyata satwa liar tersebut masuk ke dalam perangkap. “Kita memasang perangkap sekitar pukul 16.00 WIB dan macan dahan tersebut masuk sekitar pukul 18.30 WIB,” ujarnya.

Kata dia, setelah dilakukan pemeriksaan dan didapati satwa tersebut dalam kondisi sehat. Satwa tersebut diduga berkelamin jantan berdasarkan penglihatannya.

Setelah berhasil tertangkap, macan dahan tersebut dilepasliarkan kembali pada pukul 15.00 WIB hari ini. “Untuk tingginya sekitar 70-80 cm, saat ini masih di dalam kerangkeng,” katanya.

Baca Juga :   H. NURKHALIS Dt. Bijo Dirajo Buka Program Pelatihan Menjahit di Taeh Baruah : Peserta Sangat Antusias !

Red

Komentar

Berita Lainnya