oleh

Prajurit Lanal TBK Berjibaku Padamkan Karhutla

Karimun, Kepri (cMczone.com) – Pangkalan TNI Angkatan Laut  Tanjung Balai Karimun (Lanal Tanjung Balai Karimun), mengerahkan prajuritnya untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kelurahan Teluk Uma (samping Komplek Griya Praja), Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dua hari yang lalu.

Kebakaran hutan seluas kira-kira 10 hektar itu awalnya terlihat sekitar pukul 18.30 WIB di kaki bukit lahan hutan atau berada di bawah/kaki bukit sekitr 75 meter dari dasar Komplek Griya Pratama. Kemudian sekitar pukul 19.00 WIB api mulai menjalar secara perlahan mendekat Komplek Griya Pratama.

Sekitar pukul 20.15 WIB 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun tiba di lokasi Komplek Griya Pratama, beserta anggota Satpol PP.

Baca Juga :   Safe Travel Bubble Upaya Menghindari PHK di Dunia Pariwisata 

Tidak lama berselang 1 Tim Prajurit Lanal TBK tiba juga di lokasi tersebut yang dipimpin oleh Letda Laut (PM) Agus Susanto dan Letda Laut (E) Oni Dwi Fasyaton, untuk selanjutnya bergerak cepat membantu pemadaman bersama-sama Petugas Damkar, Satpol PP, Babinpotmar Lanal TBK, Babinsa dan masyarakat setempat.

Walaupun lokasi kebakaran tersebut medannya cukup sulit untuk dilalui mobil Damkar dan mobil truk Truck Lanal TBK, namun karena kerja keras dan kerjasama berjibaku memadamkan api tersebut akhirnya selama 4 jam api dapat dipadamkan

Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, M.Tr.Opsla., mengatakan, bahwa pada musim panas saat ini kita harus lebih waspada karena rentannya kebakaran hutan dan lahan karena banyak ilalang, rumput dan ranting yang kering.

Baca Juga :   Lantamal IV Dampingi Distribusi Sembako Yayasan BBL untuk Masyarakat

“Selain menerjunkan prajurit, Lanal TBK juga mengerahkan 1 unit truk air berkapasitas 5 ton yang memang selalu disiagakan sewaktu-waktu terjadi Karhutla. Ini merupakan salah satu bentuk peran aktif kami dalam membantu dan mencegah kebakaran hutan dan lahan,” pungkas Letkol Maswedi.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV

Komentar

Berita Lainnya