oleh

Nagari Batu Balang Miliki Potensi Wisata dan UMKM Yang Butuh Perhatian

Limapuluh kota,(cMczone.com) – Nagari Batu Balang secara geografis dalam Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW ) adalah salah satu Nagari Penyangga dalam Rencana Pembangunan IbuKota Kabupaten (IKK) Lima Puluh Kota.

Dengan Posisi wilayah yang strategis tersebut tentunya Nagari Batu Balang nantinya akan menjadi wilayah yang akan memainkan peranan penting dalam menyangga pembangunan Ibukota Kabupaten kelak , di samping Nagari Penyangga lain tentunya.

Wali Nagari Batu Balang Bapak Dasril Syofiadi ketika ditemui awak media cMczone.com dikantornya mengatakan ” Nagari Batu Balang terdiri dari 6 Jorong ( Jorong Balai,Boncah,Koto Kociak,Padang Ambacang,Koto Harau,Tigo Alua).
Luas wilayah : ± 309 Ha dan Jumlah Penduduk : 8127 jiwa , 209 Ha merupakan Lahan Pertanian.
Adapun Visi dan Misi Nagari Batu Balang adalah Membangun Nagari dengan kebersamaan adalah Visinya dan Misinya adalah Dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Pemerintahan yang efektif dan amanah yang tetap berpegang kepada adat basandi syarak , syarak basandi kitabullah ‘ papar beliau Senin 15 Maret 2021.

Baca Juga :   Payakumbuh Dikejutkan Penangkapan Diduga Teroris Oleh Densus 88 Mabes Polri

‘Wacana Pemimpin baru ( Bupati dan Wakil Bupati ) Limapuluh Kota untuk melibatkan seluruh Wali Nagari dalam penyusunan RPJM ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten ) Lima puluh Kota periode 2021 – 2026 sangat lah tepat , karena Rencana Pembangunan itu nantinya akan singkron dengan kebutuhan masyarakat ‘ ungkap beliau selanjutnya.

Batu Balang sudah menjadi Jalur alternatif bagi pengguna Jalan dari luar Provinsi di musim Liburan dan berperan penting dalam mengurai kemacetan di Pusat Ibukota ( Nagari Sarilamak ). ‘ Jadi kami berharap kepada Pemerintah untuk memberi perhatian lebih dalam hal ini , tentunya dengan memperlebar Jalan Penghubung ke Nagari Bukik Limbuku – Taram – Kota Payakumbuh ‘ tukuknya.

Baca Juga :   Gubernur Sumbar Kukuhkan Pengurus Perwanaliko Periode 2021 - 2025

‘ Di bidang Pariwisata kami juga punya SDA ( Sumber Daya Alam ) yaitu Pemandian Air panas. Kendala yang kami hadapi adalah Pembebasan Lahan untuk Infrastruktur jalan ke lokasi dan penataan lokasi pemandian air panas tersebut ‘ ungkap Pak Wali selanjutnya.

Batu Balang yang merupakan salah satu sentra penghasil batu bata berkualitas di kabupaten Lima Puluh Kota.
Tapi akhir akhir Masyarakat yang menggantungkan hidup di bidang tersebut ( batu bata . red ) sering merugi , karena harga jualnya yang fluktuatif dan cenderung
turun setiap musim penjualan oleh Pengusaha.
‘ Jadi kami harapkan juga kepada Pak Bupati dan Pak Wabup untuk mencarikan Formulanya supaya harganya stabil , sehingga Pengusaha UMKM kami tidak merugi ‘ pungkasnya.

Baca Juga :   Pembangunan Puskesmas Palupuh Disinyalir Tidak Sesuai SOP

‘ Special Request di bidang pertanian ( sawah ). Lahan kami semuanya Tadah Hujan , sementara 2 Sungai besar melewati Nagari Kami ( Batang Sinamar dan Batang Harau ). Jadi kami harapkan juga untuk di bantu dalam hal irigasi ‘ tutup beliau.

Diakhir paparannya Pak Wali Nagari Mengucapkan ‘ Kami Wali Nagari dan Masyarakat Batu Balang mengucapkan Selamat atas Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota periode 2021 – 2025 , Semoga Amanah dan Membawa Lima Puluh Kota menjadi lebih baik ‘ ucapnya sumringah.

Penulis : Sukrianto

Komentar

Berita Lainnya