Sambangi Kantor PLN, Ansar Ahmad Ingin Tuntaskan Program Kepri Terang

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, berkunjung ke Kantor Cabang PLN Tanjungpinang di Jalan Bakar Batu, KM 2, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Kamis (25/3/2021). 

Kedatangan Ansar di Kantor Cabang PLN tersebut disambut oleh Manajer PLN (Persero) Tanjungpinang, Suharno, beserta jajarannya.

Dari hasil pertemuan yang berlangsung dalam ruang rapat dengan kapasitas terbatas di lantai 2 kantor PLN ini, kepada wartawan Ansar mengatakan, jika kunjungannya ini bertujuan untuk menuntaskan program “Kepri Terang” sampai ke pelosok Kepri.

Pada dasarnya, lanjut Ansar, PLN sudah sangat siap menyuplai listrik ke desa-desa. Hanya saja masih ada menyisakan beberapa persoalan, terutama menyangkut kemampuan masyarakat dalam membayar biaya pemasangan jaringan dan biaya penyambungan ke PLN.

Baca Juga :   Musrenbang Kelurahan Teluk Dawan : Masyarakat Mintak Di Bangunkan Turap Serta Pelebaran Jalan

“Kita sedang mencari solusi untuk masalah ini. Jika mungkin, PLN memberi diskresi dalam bentuk cicilan kepada masyarakat, hal ini tentu jauh lebih baik. Tapi bagaimanapun juga PLN kan bagian dari sistem yang ada di pusat, maka mereka harus konsultasi dulu ke pusat untuk mengambil keputusan,” kata Ansar kepada wartawan.

Tidak hanya sampai disitu, Ansar juga akan mencoba mencari subsidi dengan cara lain, yang penting listrik di desa-desa bisa segera teraliri.

Salah satunya akan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah tertentu di Kepri. Dan jika memungkinkan juga Ansar akan cari dana dari sumber lainnya.

“Program Kepri Terang ini program yang sangat bagus. Kita akan tuntaskan apa yang sudah digagas oleh para pendahulu. Bagaimanapun caranya kita akan usahakan ini. Mudah-mudahan dengan keberadaan listrik di desa-desa bisa mempercepat aktivitas ekonomi di desa dan membantu proses belajar anak-anak. Dan listrik PLN, saya yakin lebih murah jika dibanding menggunakan generator sendiri-sendiri atau kelompok,” kata Ansar.

Baca Juga :   Salah Satu Pemuda Terbaik Meranti Nyatakan Siap Maju Dipilkada Mendatang Salam Misi Membangun Kampung Halaman

Pada akhir Maret ini Ansar bersama PLN akan menjadwalkan berkunjung ke 10 titik desa di Kabupaten Lingga yang akan segera mendapat aliran listrik.

Setelah 10 titik di Lingga. Juga di bulan April Insha Allah akan tersambung di 9 wilayah lagi, yakni 4 di titik di Kabupaten Kepulauan Anambas dan 5 titik di Lingga.

Masih dalam program Kepri terang, Ansar bersama PLN juga sedang sama-sama berwancana menyelesaikan pemasangan kabel laut di 3 lokasi. Masing-masing dari Selayar ke Daik, dari Batam ke Pulau Bulu dan dari Dabo Singkep ke Selayar.

Editor : Budi Adriansyah