oleh

Ansar Ahmad Buka MTQ Ke-XV Tingkat Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XV tingkat Kota Tanjungpinang, Minggu malam (28/3/2021).

“Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang dengan terlaksananya MTQ mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Tingkat Kota Tanjungpinang,” kata Ansar dalam sambutannya.

Bulan Juli 2021 nanti, kata Ansar, kita akan menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Kepri. Ansar berharap hasil pada MTQ tingkat kota ini bisa menghasilkan qori dan qoriah untuk bisa mengikuti tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Ansar mengatakan, bahwa tahun ini pelaksanaan MTQ ke-XV sangat berbeda dari tahun sebelumnya, dimana saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Aktivitas Isdianto: Resmikan GOR Bulu Tangkis, Jemput Panglima TNI/Kapolri Sampai Hadiri Pesta Bonataon

“Untuk itu saya minta kepada seluruh yang terlibat agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Insha Allah pada tanggal 1 nanti kita akan buat Satgas Covid-19 yang akan kita tempatkan pada tempat-tempat keramaian secara permanen untuk menekan penyebaran angka Covid-19. Pada dasarnya Al-Qur’an berisikan iktibar untuk memperteguh hati kita semua agar tidak terjadi perpecahan bagi kita semua, ” pungkas Ansar.

Malam pembukaan perlombaan MTQ ke-XV tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021 tersebut bertempat di Pelataran Zona 1A Tugu Sirih Emas, Pantai Gurindam XII, Tepi Laut, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Pelaksanaan MTQ ini berlangsung dari tanggal 28 Maret-1 April 2021. Pembukaan MTQ kali ini diawali dengan penampilan defile kafilah empat kecamatan didampingi oleh official serta diiringi dengan pembacaan sinopsis.

Baca Juga :   Sidik Sakti Indera Waspada: 5 Orang Dilantik Sebagai PPNS, Salah Satunya Kasat Pol PP dan Gulkar Kota Tanjungpinang

Adapun cabang atau golongan yang diperlombakan pada Musabaqah ini, yakni cabang Tilawatil Qur’an anak-anak putra dan putri, cabang Tilawatil dewasa putra dan putri serta cabang Hifzhil Quran terdiri dari golongan 1 juz, golongan 5 juz, golongan 10 juz, golongan 20 juz dan golongan 30 juz.

Cabang Musabaqah hadist nabi terdiri golongan hafalan 100 hadist nabi beserta sanad, golongan hafalan 500 hadist beserta sanad, lomba seni qasidah dewasa, lomba marawis remaja dan lomba Bazaar.

Sedangkan untuk sistem penilaian menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penilaian (SIP) MTQ, baik laporan maupun penilaian secara elektronik. Aplikasi tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Editor : Budi Adriansyah | Penulis : Indra

Baca Juga :   Polsek Kawasan Pelabuhan SBP Kampanye 1000 Masker

Komentar

Berita Lainnya