oleh

Tanaman Porang Yang Menjanjikan di Nagari Simpang Kapuak

Limapuluh Kota, (cmczone.com) – Nagari Simpang Kapuak yang terletak di dalam administratif Kecamatan Mungka Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat.

 

Masyarakat Nagari Ini mayoritas menggantungkan kehidupan sehari hari mereka dengan menanam dan memproduksi tanaman Gambir.

Tapi akhir akhir ini masyarakat tidak bisa lagi berharap dari gambir , karena harga jualnya yang fluktuatif dan cenderung setiap Panen Petani Gambir sering merugi.

Untuk menyikapi hal tersebut masyarakat Nagari Simpang Kapuak dan dukungan Pemerintahan Nagari mencoba untuk menanam Tanaman lain , salah satunya Tanaman Porang.

 

Kelompok Tani Muda Jaya yang merupakan Kelompok Tani bentukan Nagari Simpang Kapuak menjadi pelopor dan sudah menanam Tanaman Porang di Lahan salah satu Warga ( Arif ) di Jorong Dusun nan Duo – Nagari Simpang Kapuak.

Baca Juga :   Setelah KKP , Wabub 50 Kota Kunjungi Menteri Bappenas

 

Di Lahan ± 200 M² bisa di tanam Bibit Porang lebih 500 bibit yang di pesan dari Pulau Jawa dan sekarang sudah berumur 4 Bulan.

Pengolahan lahan dan Pemupukan setelah tanam di lakukan secara organik oleh anggota kelompok.

” Dari awal kami cuma memberikan Pupuk kompos fermentasi sebanyak 700 Kg dan belum ada Pemupukan ulang , hanya ” menyiang ” ( membersihkan ) lahan ” ujar Pak Arif yang merupakan Anggota Kelompok Pemuda Jaya.

 

” Modal yang kami keluarkan mulai olah lahan , beli bibit dan pemupukan sampai saat ini kami sudah mengeluarkan ± 2 juta rupiah ‘ tukunya.

 

” Setelah 9 bulan di perkirakan sudah bisa di panen , kalau panen tidak gagal hasil panennya : Umbi = 600 Kg x 10.000 = 6.000.000 , Buah Parang ( Katak ) = 6 Kg x 250.000 = 1.500.000.

Baca Juga :   Gedung Asrama Putri Cahaya Islami Padang Kaduduak di Lalap Si Jago Merah

Total Penjualan ( perkiraan ) = Rp 7.500.000.

Bisa diperkirakan 3x lipat hasil panennya dengan menunggu selama 9 bulan ‘ ujar Sekretaris Kelompok Bapak Noven.

 

Selanjutnya Sekretaris Nagari Simpang Kapuak Haryoki berharap Tanaman Porang ini bisa menjadi Komoditas unggulan ditengah tidak menentunya harga Gambir.

Dan Perhatian Pemerintah juga sangat diharapkan untuk bantuan modal.

‘ Kami di Nagari berharap Pemerintah bisa memberikan Bantuan Modal dan Paska Panen Harganya tetap stabil ‘ ungkap Pak Sek. mewakili Wali Nagari Simpang Kapuak Felliadi di kantor Wali Nagari Simpang Kapuak.

 

Penulis : Sukrianto

Komentar

Berita Lainnya