oleh

Ansar Ahmad Hadiri Peresmian Tim Satgas Covid-19 di Pelabuhan

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Junaidi, mengatakan, bahwa sesuai dengan Surat Edaran (SE) terakhir tanggal 26 Maret 2021 terkait dengan Covid-19, maka diperlukan perpanjangan pembatasan kegiatan masyarakat 

“Perlu disampaikan, untuk di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), trayek yang dilalui antara lain Dabo Singkep, Kabupaten Karimun, Anambas, Natuna, yang paling banyak trayek dilalui adalah Tanjungpinang-Batam. Sehingga protokol kesehatan pada hari ini yang diselenggarakan ada tiga Pelabuhan, yakni Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Pelabuhan Punggur dan Sekupang, Kota Batam,” jelas Junaidi, Kamis (1/4/2021).

Junaidi melanjutkan, bahwa pelaksanaan  penegakkan protokol kesehatan di pelabuhan dan moda transportasi Laut, tim Satgas melibatkan dari unsur TNI-Polri, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP), Operator Kapal, KKP, Dishub dan unsur terkait.

Baca Juga :   Curi Ikan di Laut Indonesia, KIA Vietnam Ditangkap KRI Yos Sudarso 353

“Lama pelaksanaan pada tahap pertama selama tiga bulan, terhitung mulai hari ini di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Mudah-mudahan dengan adanya tim Satgas pada bidang tranportasi laut ini Pandemi Covid-19, khususnya di Provinsi Kepri bisa dikendalikan sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Junaidi.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad, dalam arahannya menjelaskan, bahwa dari info grafis perkembangan Covid-19 di Provinsi Kepri, tiga kabupaten, yakni Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kabupaten Natuna, sudah status zona hijau dan lainnya status zona kuning.

“Kita semua bersyukur karena dari info grafis perkembangan pandemi Covid-19 di Kepri, sampai dengan tanggal 31 Maret 2021 tiga kabupaten sudah menjadi zona hijau yakni Anambas, Natuna dan Lingga. Sementara empat kabupaten/kota yaitu Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun masih berstatus zona kuning. Meskipun perkembangannya dari waktu ke waktu terus dapat kita tekan dengan usaha kita bersama,” ungkap Ansar.

Baca Juga :   Danlantamal IV dan Ketua Korcab IV DJA I Sambut Kedatangan KRI Bima Suci-945

Tim Satgas Covid-19 yang sudah dilaunching nantinya akan ditugaskan pada tempat umum yang dimulai dari pelabuhan-pelabuhan yang telah ditetapkan.

“Hari ini kita me-launching petugas Satgas Covid-19 di tempat-tempat umum, pertama di Pelabuhan Kepri yang telah ditetapkan. Kita juga menempatkan beberapa tenaga baik TNI-Polri, Satpol PP, bahkan setiap kapal kita menugaskan nahkoda dan satu ABK kapal yang dilengkapi dengan atribut Satgas Covid-19 untuk menjadi petugas satgas pada setiap kapal,” jelas Ansar.

Untuk di tempat umum yang biasanya  dalam pengawasan secara mobile, maka mulai hari ini ditempatkan Satgas Covid-19 secara permanen, dalam rangka untuk mengawas, mengedukasi, mengontrol masyarakat, agar lebih memahami betapa bahayanya Covid-19 bagi setiap sendi kehidupan masyarakat.

Baca Juga :   Curi Uang Infaq dan Tabung Gas, 3 Residivis Ditangkap Reskrim Polsek Gunung Kijang

Editor : Budi Adriansyah | Penulis : Indra

Komentar

Berita Lainnya