oleh

Abrasi Batang Sinamar Sangat Mengkhawatirkan

Limapuluh kota, (cmczone.com)- Nagari Jopang Manganti dari Lanskap kewilayahan terdiri dari dua Wilayah dataran yang berbeda.

Nagari ini memiliki 2 Jorong, Jorong Jopang merupakan pusat Pemerintahan Nagari terletak di dataran yang lebih rendah , sementara Jorong Manganti terletak di dataran yang lebih tinggi.

Keunikan wilayahnya juga tergambar dari batas wilayah antar Jorong yang di putus oleh aliran sungai yang legendaris yaitu Batang Sinamar dan di hubungkan oleh Jembatan Permanen antar kedua Jorong tersebut.
Dengan demikian Batang Sinamar juga menjadi Titik ‘ Equator ‘ ( Garis tengah ) antar keduanya , yang membelah sepanjang ± 2 Km.

Batang Sinamar yang menjadi sumber air bagi pertanian masyarakat di sepanjang alirannya , akhir akhir ini juga menjadi sumber kekhawatiran bagi masyarakat Nagari Jopang Manganti , karena setiap Hulu sungai nya mengirim air dalam Volume besar di musim hujan , maka air tersebut juga membuat Abrasi di sepanjang alirannya ‘ ungkap Pak Wali Nagari Padang Jopang Anofrianto Dt.Tonang kepada Awak media Senin , 05 April 2021 di kantornya.

Baca Juga :   Relawan Safari Bersinergi dan Ikhlas dalam melanjutkan Kampanye Dialogis ke Nagari Nagari di 50 Kota

‘ Kalau dibiarkan terus menerus abrasi tersebut di khawatirkan akan menjadi bencana di kemudian hari ‘ tukuknya.

Wali Nagari juga berharap kepada Pemerintah Daerah dan pusat untuk memberikan perhatian dan solusi yang tepat untuk mencegah hal hal yang merugikan masyarakat Nagari.

‘ Misalnya membuat turap atau Normalisasi di sepanjang alirannya sehingga bibir dan tebing sungai bisa di jaga dari abrasi.
Kalau itu kita lakukan maka disamping menjaga tebing sungai , memanfaat aliran air untuk pertanian dan juga bisa di manfaatkan sebagai salah satu spot Pariwisata , karena kalau sungai di turap/normalisasi tentu akan kelihatan rapi dan indah di sepanjang alirannya ‘ pungkasnya.

Baca Juga :   REFARGEN : Pemimpin itu tepatnya yang sudah ber ' Bintang '

Wali Nagari Jopang Manganti juga menghimbau Wali Nagari lainnya di sepanjang aliran Batang Sinamar khususnya dari Hulu ke hilir untuk memperjuangkan ini.
‘ Kitakan ada Persatuan antar Wali Nagari se Kabupaten 50 , mari sama sama melalui ‘ Lembaga ‘ ini ( Perwanaliko ) kita bahas bersama sama untuk menetapakan ini sebagai salah satu Program usulan ‘ Tutup Wali Nagari Jopang Manganti.

Penulis : SUKRIANTO
Editor. : Riki Hidayat

Komentar

Berita Lainnya