oleh

KSAL Resmikan dan Kukuhkan Danpuslatpurmar 9 TNI-AL Dabo Singkep

Lingga, Kepri (cMczone.com) – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, melaui upacara militer, meresmikan dan mengukuhkan Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir 9 TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danpuslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep) di Pantai Todak, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), (10/4/2021).

Upacara diawali dengan pengucapan sumpah oleh Mayor Marinir Adid Kurniawan Wicaksono, lalu dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas, setelah itu pengukuhan Danpuslatpurmar 9 TNI-AL oleh KSAL.

Kemudian setelah upacara pengukuhan Komandan Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep, KSAL berkesempatan meresmikan nama Kantor Puslatpurmar 9 TNI-AL Dabo Singkep yang ditandai dengan penekanan tombol dan pembukaan tirai papan nama.

KSAL juga berkesempatan meletakan batu pertama menandai dimulainya pembagunan Kantor Puslatpurmar 9 TNI-AL Dabo Singkep.

Baca Juga :   Wadanlantamal IV Hadiri Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Batam 2021-2024

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Komandan Korps Marinir beserta jajarannya, atas kinerja kerasnya dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para prajuritnya, pasukan pendarat Korps Marinir TNI Angkatan Laut,” ujar KSAL dalam amanatnya.

Dengan dibentuknya satuan baru Puslatpurmar 9 TNI-AL Dabo Singkep sebagai satuan pelaksana dibawah Komando Latihan Korps Marinir (Kolatmar), maka tentunya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan profesionalisme TNI Angkatan Laut secara keseluruhan.

“Keberadaan Puslatpur di Dabo Singkep ini merupakan reperesentasi nyata kekuatan TNI Angkatan Laut seutuhnya, saya perintahkan kepada seluruh Prajurit Puslatpurmar 9 TNI-AL Dabo Singkep, untuk sesegera mungkin menyesuaikan dengan lingkungan dan masyarakat,” ujar KSAL.

Baca Juga :   Golkar Optimis Ansar-Marlin Mampu Pulihkan Ekonomi Kepri Pasca Covid-19

“Marinir kuat untuk melindungi Negara berdaulat, Marinir hebat karena didukung rakyat, karena itu Negara dan rakyat sepakat bahwa siapa cintanya melekat,” tegas KSAL.

Salah satu penekanan KSAL pada amanatnya mengatakan, bahwa sebagai satuan yang baru yang dibentuk, maka dituntut untuk kerja keras, inisiatif dan motivasi yang tinggi guna dapat mewujudkan Puslapur yang siap menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Sebagai informasi bahwa Puslatpurmar 9 TNI-AL Dabo Singkep ini tanggung jawabnya adalah TNI Angkatan Laut, namun demikian apabila TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara maupun Polri akan menggunakan tempat ini untuk  latihan diijinkan.

Puslatpur ini sebenarnya sudah dikuasai oleh TNI Angkatan Laut sejak tahun 1984, dan selama ini dikuasai oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal Dabo Singkep), karena intensitas latihan disini sangat tinggi maka dialihkan tanggung jawabnya kepada Kops Marinir.

Baca Juga :   Lantamal IV Gelar LDD pada Posal dan Posmat

Sebelum upacara peresmian dan pengukuhan Danpuslatpurmar 9 TNI-AL Dabo Singkep, KSAL berkesempatan membagi-bagikan Sembako kepada masyarakat pantai Todak pada kagiatan bakti sosial (baksos) di Pantai Todak.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotma TNI Angkatan Laut, Danlantamal IV, Wakil Bupati Lingga, FKPD Kabupaten Lingga, Wakapolda Kepri, para Pejabat Utama Polda Kepri, Dansatbrimob Kepri, Dirpolairud, Kapolres Lingga, Kajari Lingga, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Lingga.

Editor : Budi Adriansyah

 

Komentar

Berita Lainnya