oleh

Nagari Situjuah Batua siap melaksanakan Sistem Pembangunan yang Berbasis Kepada SDG’s / TPB

Limapuluh kota, (cmczone.com)- Wali Nagari Situjuah Batua DV.Dt.Tan Marajo dan Perangkat dan seluruh masyarakat siap dan patuh untuk beralih kepada sistem pengelolaan pemerintahan dan pembangunan Nagari yang berpedoman kepada SDG’s ( Suistanable Development Goals ) atau dalam Bahasa Indonesia lebih kurang berarti Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau di singkat TPB.

SDG’s/TPB adalah reinkarnasi dari MDG’s ( Millenium Development Goals) yang disepakati di Sidang Umum PBB pada tahun 2010.
Selanjutnya Forum yang sama menyepakati SDG’s sebagai Pedoman Pembangunan di suatu Negara termasuk Indonesia dengan mengikuti Petunjuk petunjuk yang telah di sepakati dalam Forum antar Negara tersebut.
Adapun SDG’s disepakati sebagai dasar Pembangunan di suatu Negara adalah Pada Juni 2015 dan akan di berlakukan sampai tahun 2030.

‘ SDG’s / TPB di tingkat Nagari Situjuah Batua di mulai dengan Pembentukan Kelompok Kerja ( Pokja ) Relawan Pendataan Nagari Tahun 2021.
Adapun Tugas Pokja setelah terbentuk adalah Melaksanakan pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun ( IDM ) berbasis SDG’s Desa ‘ ungkap Wali Nagari Situjuah Batua DV.Dt.Tan Marajo Kepada awak media Rabu , 21 April 2021 dikantor Nagari Situjuah Batua.

Baca Juga :   Pudarnya Marwah KPU 50 Kota di mata masyarakat

‘ Dalam Pemutakhiran Data Penduduk , Harta benda , infrastruktur , pertanian ,dll kami akan up to date ( terkini.red ) dan tentu saja BNBA ( By Name By Address ) , jadi semua data yang kami kumpulkan adalah data yang sebenarnya bukan fiktif atau di buat buat ‘ Tukuk Pak Datuak Wali kepada Media.

‘ Selanjutnya berdasarkan Data data tersebut kita melaksanakan pencocokan sistem / petunjuk yang ada di SDG’s / TPB dalam melaksanakan dan menggunakan Anggaran yang ada di Nagari ‘ Pungkas Pak Wali Nagari yang selalu Wellcome dengan para awak media .

Dilansir dari berbagai sumber , SDG’s / TPB memiliki 17 tujuan , antara lain : Tanpa Kemiskinan , Tanpa Kelaparan , Kehidupan Sehat dan Sejahtera , Pendidikan Berkualitas , Kesetaraan Gender , Air Bersih dan Sanitasi Layak , Energi Bersih dan terjangkau , Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi , Industri , Inovasi dan Infrastruktur , Berkurangnya Kesenjangan , Kota dan Pemukiman berkelanjutan , Konsumsi dan Produksi yang bertanggung Jawab , Penanganan dan Perubahan Iklim , Ekosistem Lautan , Ekosistem Daratan , Perdamaian , Keadilan dan Kelembagaan yang tangguh , dan terakhir Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Baca Juga :   Hari Ke 4 Pencarian Anak Hilang Di Jorong Kubang Balambak ; Belum ada Petunjuk !

Penulis : SUKRIANTO

Komentar

Berita Lainnya