oleh

114.813 Masyarakat Kepri Sudah Tervaksinasi Sinovac dan Astrazeneca

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Untuk menekan penyebaran Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) yang bekerja sama dengan kabupaten dan kota, terus menggelar Vaksinasi Sinovac dan Astrazeneca.

Sampai hari ini, baik dosis yang pertama maupun yang kedua sudah mencapai 114.813 orang yang tervaksinasi Sinovac dan Astrazeneca atau sekitar 7.8 persen dari total penduduk Kepri yang mencapai 1.476.091 orang.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kepri Arif Fadilah mengatakan, bahwa pihaknya terus melakukan monitoring terhadap pelaksanaan vaksinasi oleh para tenaga vaksitator di lapangan.

“Kita ingin pelaksanaan vaksinasi Sinovac dan Astrazeneca di Kepri berjalan lancar. Saya terus monitor dengan meminta laporan lengkap dari petugas Satgas Dinas Kesehatan dan para vaksitator. Pencegahan penyebaran Covid-19 di Kepri terus kita lakukan dengan kerja-kerja serius yang melibatkan banyak pihak,” kata Arif, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga :   Danlantamal IV Sambut Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri di Batam

Menurut Arif, sampai saat ini untuk vaksinasi masyarakat umum dan pelayanan publik untuk dosis pertama sudah 82.331 orang, yang tervaksinasi sementara untuk dosis yang kedua sebanyak 21.193 orang. Jumlah tenaga kesehatan yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama sebanyak 17,661 dan dosis kedua 16,811 orang.

“Untuk lanjut usia (lansia) pencapaian baru 12,5 persen untuk dosis pertama, yakni 14.821 orang dan 4.380 untuk dosis kedua atau sebanyak 3,7 persen,” jelas Arif.

Untuk vaksinasi bagi masyarakat lansia, kata Arif, akan terus diprioritaskan, karena mereka paling rentan untuk tertular Covid-19.

“Kita minta TNI, Polri dan semua pihak untuk membantu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi ini,” tegas Arif.

Baca Juga :   Munas Persatuan Mahasiswa Tanjungpinang se-Indonesia Usai Digelar, Sukma Dwita Jabat Ketua Sementara

Sementara itu, ketika ditanya soal data terbaru tentang jumlah masyarakat Kepri yang terpapar Covid 19, Arif mengungkapkan, bahwa ada 10.477 orang termasuk penambahan kasus baru hari ini sebanyak 101 orang. Dari jumlah itu, tercatat kasus aktif ada 794 orang, berhasil sembuh 9.433 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 250 orang.

“Untuk kasus baru sebanyak 101 orang berasal dari Batam sebanyak 70 orang, 9 orang di Kota Tanjungpinang dan 22 orang di Kabupaten Bintan,” ujar Arif.

Pihaknya, lanjut Arif, akan terus melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kepri. Selain melakukan kampanye protokol kesehatan (prokes) bagi masyarakat, juga dilakukan upaya 3T atau tindakan melakukan tes Covid-19 (Testing), penelusuran kontak erat (Tracing) dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien yang terpapar Covid-19 (Treatment).

Baca Juga :   Buka "Dapur Umum" Satlantas Polres Bintan Bagikan Makanan di Tanjung Uban Selatan

“Pak Gubernur juga sudah membentuk Satgas Daerah Perlintasan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 yang berasal dari Pekerja Migran Indonesia yang masuk melalui pintu pelabuhan di Batam. Berbagai upaya yang kita lakukan ini bukti keseriusan kita bagaimana perang terhadap Covid-19, ini tidak boleh berhenti,” pungkas Arif.

Editor : Budi Adriansyah

Komentar

Berita Lainnya