oleh

Melalui Vicon Wadanlantamal IV Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXV

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Wadanlantamal IV) Kolonel Marinir Andi Rahmat M, melalui video conference (vicon) hadiri acara Peringatan ke XXV Hari Otonomi Daerah yang berlangsung di Aula Wan Sri Beni, Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Senin pagi (26/4/2021).

Acara vicon tersebut bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, di Kediaman Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, diikuti oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan seluruh Kepala Daerah di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, DPRD, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam sambutannya Wakil Presiden mengatakan, bahwa beberapa indikator yang menunjukkan kinerja Pemerintahan Daerah di Indonesia yang masih tertinggal dari beberapa negara tetangga di Asia Tenggara.

Baca Juga :   New Normal: Tinjau Pasar Baru bersama Stakeholder Dandim 0315/Bintan Bagikan Masker

“Indeks demokrasi dunia yang dirilis The Economist Intelligence Unit dengan lima indikator yaitu proses pemilu dan pluralisme, fungsi dan kinerja pemerintah, partisipasi politik dan budaya politik,” ujar Wapres.

Kebebasan sipil menunjukkan posisi Indonesia stagnan di peringkat ke-64 dunia dengan skor 6,3 pada tahun 2019 dan 2020. Di Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat empat, di bawah Malaysia, Timor Leste, dan Filipina.

“Pemerintah Daerah perlu mengubah paradigma pemerintahan dan pembangunan. Penyelenggaraan pemerintahan yang semula berorientasi pada birokrasi yang business as usual, harus berubah menjadi berbasis inovasi dan teknologi informasi dengan memanfaatkan modal budaya, SDM unggul, Sumber Daya Alam, dan nilai-nilai lokal sesuai karakteristik daerah masing-masing,” jelas Wapres.

Baca Juga :   Pelaku Tindak Pidana Karhutla Diamankan Polsek Tanjungpinang Timur

Pola penyelenggaraan Pemerintahan Daerah perlu diperbaiki supaya lebih adaptif, inovatif, kolaboratif, dan korektif. Perbaikan Reformasi Birokrasi secara menyeluruh dapat mendorong organisasi perangkat daerah menjadi lebih sederhana, lentur, efisien dan efektif.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Provinsi Kepri diwakili Sekda Provinsi Kepri, Pangkogabwilhan I diwakili Waaspotwil, Kapolda Kepri diwakili Irwasda Polda, Danrem 033/WP diwakili Kasrem, Kajati diwakilil Wakajati, Danlanud RHF diwakili Kadipers, Kabinda Kepri diwakili Korwil I Binda Kepri, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota dan Provinsi.

Editor : Budi Adriansyah

Komentar

Berita Lainnya