Cegah Covid-19, Ansar Ahmad Minta Pelanggar Prokes Diberi Sanksi Tegas

Tanjungpinang (Kepri), cMczone.com – Kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Kepulauan Riau (Kepri) yang terus mengalami kenaikan harus menjadi perhatian yang serius bagi semua pihak. 

Untuk itu Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, meminta masyarakat Kepri secara disiplin melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dan mematuhi aturan yang sudah di keluarkan untuk mengerem laju penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Kepri.

“Kondisi ini harus disikapi dengan serius, tegas dan penuh kewaspadaan. Meski secara nominal kecil tetapi penyebaran kasus Covid-19 di daerah kita masih cukup tinggi. Kita tidak boleh lengah. Semua harus bekerja dalam melakukan pencegahan,” kata Ansar pada media, Senin (3/5/2021).

Karena itu, Ansar minta Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di kabupaten dan kota, Satgas Daerah Perlintasan serta seluruh elemen masyarakat, ikut berjibaku memerangi Covid-19.

Baca Juga :   2 Lingkungan di Kota Medan Terpapar Covid-19, Kapoldasu Tegaskan Warga Jalani Isolasi Mandiri

“Bahkan unsur pemerintahan yang paling bawah seperti RT dan RW kita minta ikut membantu dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dengan usaha yang maksimal,” tegas Ansar.

Tidak hanya itu, Ansar juga minta bupati dan walikota menempatkan Petugas Satuan Tugas Covid-19 di masing-masing tempat peribadatan (masjid, gereja, vihara, kelenteng, pura) dan memastikan terlaksananya protokol kesehatan secara ketat. Melakukan patroli keliling secara rutin guna memastikan terlaksananya pembatasan aktivitas masyarakat di tempat dan fasilitas umum pada malam hari.

“Harus dipastikan penegakan protokol kesehatan pada tempat-tempat yang berpotensi terjadi interaksi maupun kerumunan orang seperti pasar, toko swalayan, restoran/rumah makan/kafe, mall atau pusat perbelanjaan, salon/spa, tempat hiburan/pariwisata terlaksana dengan baik. Satgas juga harus bekerjasama dengan pihak pengelola tempat-tempat dimaksud dan melakukan pendisiplinan bagi yang melakukan pelanggaran,” jelas Ansar.

Baca Juga :   Lembaga RLH Datangi Lokasi Pembangunan Box Culvert Rt 11 Suka Maju; Ini Kata Sahroni

Pendisiplinan sebagaimana dimaksud diatas, kata Ansar, dapat berupa pemberian sanksi teguran, pembekuan sementara izin usaha sampai dengan penutupan tempat usaha sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam melaksanakan tugas di lapangan, pinta Ansar, harus melibatkan unsur gabungan yang terdiri atas Satgas Covid-19, Satpol PP dan unsur TNI-Polri dalam setiap pelaksanaan pengawasan.

Dari catatan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, total yang terpapar Covid-19 se-Provinsi Kepri sampai hari ini sebanyak 11.653 orang atau terjadi kenaikan 154 kasus dibanding hari sebelumnya.

Dari catatan itu, kasus aktif sebanyak 1.454 orang atau bertambah 135 kasus atau naik 12,48%. Sementara yang sembuh sebanyak 9.930 orang dan bertambah 18 orang atau 85,21%. Untuk penderita Covid-19 yang meninggal sebanyak 269 orang atau 2,31%.

Baca Juga :   Polres Tanjabtim Tangkap Bandar Sabu Di Desa Pandan Makmur

“Penambahan kasus Covid-19 yang terbanyak hari ini di Kota Tanjungpinang dengan 76 kasus baru dari 154 kasus di seluruh Kepulauan Riau,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kepri Arif Fadillah.

Selain Tanjungpinang, Kota Batam juga terkonfirmasi cukup tinggi kasus Covid-19 yang terekam hari ini dengan 39 kasus baru. Selebihnya 24 orang di Karimun, 12 orang di Lingga dan 3 orang di Bintan.

“Pak Gubernur sudah mengeluarkan surat edaran tentang beberapa hal mengenai penegakkan disiplin dalam protokol kesehatan, agar Covid-19 bisa kita tekan seminimal mungkin. Mari kita patuhi isi Surat Edaran tersebut demi kebaikan dan kesehatan kita semua,” tutup Arif.

Editor : Budi Adriansyah