Pemuda Jorong Koto Tongah Nagari Lubuak Batingkok gelar MTQ yang sudah menjadi Tradisi Tahunan diBulan Ramadhan

  • Bagikan

Limapuluh kota, (cmczone.com)- MTQ ( Musabaqah Tilawatil Qur’an ) adalah Kawah Candradimuka Generasi muda Minang dalam bidang Sosial keagamaan untuk membekali diri sejak usia dini supaya lebih mencintai Al-Qur’an sebagai tuntunan hidup masyarakatnya.

MTQ bagi Masyarakat Minang bukan hanya di maknai sebagai suatu ajang kompetisi , tapi lebih sebagai ajang untuk mendalami dan mencintai ayat ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an itu sendiri.

Benarlah Adat dan Agama itu bisa disatukan dalam Filosofi dasar dalam mengarungi hidup masyarakatnya dalam satu jargon yaitu : Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah , Syara’ Mangato Adat Mamakai.

Mychael Daysigit ( Egit ) yang merupakan Tokoh Muda Pembaharu yang peduli dengan Kampungnya diberi Amanah oleh Tokoh tokoh masyarakat Jorong Koto Tongah untuk Merumuskan kegiatan kegiatan yang bermanfaat selama Ramadhan , yang salah satunya adalah MTQ ( Musabaqah Tilawatil Qur’an ) yang sukses terlaksana dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan ( Prokes ) yang ketat.

Baca Juga :   Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklat Polri Kunjungi Posko Satlak III Elang Latsitardanus

Egit Ketika di hubungi awak media Sabtu 08 Mei 2021 via Whattapp mengatakan ‘ MTQ ini terlaksana dengan sukses yang bertepatan dengan Malam Nuzulul Qur’an ( 17 Ramadhan 1442 H ) adalah peran serta semua unsur masyarakat , seperti : Niniak Mamak , Alim ulama , Bamus , Jorong , Bundo Kandung dan tentu saja Pemuda/i Jorong Koto Tongah yang telah bekerja Siang Malam dalam mensukseskan Acara MTQ ini ‘ tuturnya

Pengurus Masjid Jorong Koto Tongah Sheikh Malin Mudo Darmizon yang menginisiasi Kegiatan selama Ramadhan tersebut mengatakan ‘ Setelah MTQ sukses , untuk mengisi malam Ramadhan selanjutnya , kami pengurus mesjid beserta Pemuda/i dan Masyarakat melaksanakan Wirid rutin , Pembagian Ta’jil setiap Jumat , dll.Khusus Malam Takbiran Kami menggunakan Tabuah/Bedug Dan Pemasangan Obor di sepanjang Jalan ‘ ungkap beliau.

Baca Juga :   Proyek Pembangunan Drainase Parit Culum Diduga Kangkangi UU KIP No 14 Tahun 2008

Diharapkan Acara tersebut bisa menjadi wadah untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat yang tengah tercabik cabik dalam belitan Pandemi yang tak kunjung berakhir.

Ini juga merupakan pesan kepada masyarakat Koto Tongah , bahwa kita tidak boleh kalah oleh Pandemi , tapi tetap mengikuti Prokes yang ketat.

” Mudah mudahan Pandemi segera berlalu ‘ pungkas Ketua Pemuda Eruswedi.

Susunan Pengurus MTQ sebagai berikut ;

Pembina : Darmizon
Penasehat : Mychael Daysigit
Ketua : Marderis Ayola
Wakil ketua : 1.Bagas Sumbara
2. Rahmat Fauzan
Sekretaris : Fissy Regina Augustivo
Bendahara : Siska Suciana
Pengurus MTQ Dion,siska,sauqi,zikri.

Penulis : Sukrianto

  • Bagikan
error: Content is protected !!