Posal Penuba Evakuasi Korban Kebakaran Kapal di Perairan Pulon

  • Bagikan

Lingga (Kepri), cMczone.com – Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Penuba, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep, bersama Polairud  Polres Lingga dan Basarnas Kabupaten Lingga, berhasil membantu evakuasi korban kebakaran di kapal speed milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Perairan Pulon, Tanjung Datuk, pada koordinat 00°13.626 S-104°22.515 E, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (19/5/2021).

Diketahui, bahwa sebelumnya Speed BNPB tersebut membawa pasien dari RSUD Dabo Singkep untuk dirujuk ke Rumah Sakit Kota Batam.

Dalam perjalanan dari Batam menuju Dabo Singkep, saat berada di Perairan Pulon ke arah Tanjung Datuk tepatnya pada kordinat 00°13.626 S-104°22.515 E, tiba-tiba mesin mengalami konsleting listrik kabel dari accu, sehingga menimbulkan kebakaran, namun api tidak dapat dipadamkan. Kemudian Anak Buah Kapal (ABK) meminta tolong kepada masyarakat nelayan setempat.

Baca Juga :   DPP PPP Minta Kader, Simpatisan, Pengurus dan Anggota DPRD dari PPP Menangkan Ansar-Marlin

“Sekitar jam 07.30 WIB, saya melihat ada kepulan asap hitam di depan Kampung Tanjung Dua, karena rasa ingin tahu ada apa yang terjadi, lalu saya mendekati ke sumber asap tersebut. Setelah mendekat ke sumber asap ternyata ada kebakaran kapal speed BNPB,” ungkap Roni (40) Nelayan Kampung Tanjung Dua, Desa Selayar.

Atas informasi Roni yang meminta bantu pada masyarakat, nelayan setempat dan Posal Penuba, akhirnya api dapat dipadamkan selama dua jam dengan alat bantu seadanya. Kemudian personel Posal Penuba bersama Polairud dan Basarnas setempat berhasil membantu evakuasi korban penumpang sebanyak 5 orang, yaitu 1 orang nahkoda kapal, 2 orang ABK, 1 orang bidan dan 1 orang perawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo Singkep.

Baca Juga :   Pengabdian Tanpa Batas, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Bersama Masyarakat Bangun Saluran Irigasi di Desa Netamnanu

Terhadap korban yang telah diselamatkan selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Encik Maryam Daek Lingga untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Kemudian terhadap bangkai kapal tersebut ditarik ke darat ke depan Dermaga Kampung Tanjung Dua untuk diamankan sementara.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV

  • Bagikan
error: Content is protected !!