Wabup dampingi Wamendag RI Tinjau PLUT-KUMKM dan beberapa Pusat Perekonomian Kabupaten 50 Kota

  • Bagikan

Limapuluh Kota, (cmczone.com)- Wakil Bupati 50 Kota Rizki Kurniawan Nakasri ( RKN ) mendampingi Wakil Menteri
Perdagangan Republik Indonesia DR.Jery Sambuaga meninjau PLUT-KUMKM Kabupaten 50 Kota dalam rangka Percepatan Peningkatan Ekonomi Daerah , Jumat 21 Mei 2021.

PLUT-KUMKM ( Pusat Layanan Usaha Terpadu )-KUMKM merupakan Program Nasional dari Kementrian Koperasi dan UKM dalam meningkatkan Perekonomian Masyarakat.

PLUT-KUMKM merupakan salah satu Program yang sangat bisa di sinergikan dengan Program Kementrian Perdagangan RI yakni SRG ( Sistem Resi Gudang ).

Wamendag RI DR.Jery Sambuaga memaparkan bahwa melalui Program Strategis dari Kemendag RI ‘ Kami dari Kementerian Perdagangan RI menawarkan dan siap memfasilitasi dari pusat kendala kendala yang sering menghambat dan merugikan Para pelaku usaha dan Petani dalam musim jual , Solusinya adalah SRG ( Sistem Resi Gudang ) ‘ ungkap Pak Wamendag kepada awak media di Gedung PLUT – Ketinggian Sarilamak.

Baca Juga :   Pasca Banjir, Air Bersih Langka di Tanjung Unggat Danramil 01/0315 Bintan Langsung Berikan Bantuan

Dalam Program SRG Petani bisa menyimpan Komoditinya jika Pada Musim Panen Harganya murah dengan menyimpan Komoditi tersebut di Gudang gudang yang nantinya akan dibangun dan menjual kembali ketika harga sudah naik.

‘ SRG merupakan Program Kemendag yang merupakan bentuk Perhatian Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan perkembangan ekonomi
di daerah , tapi regulasi ,implementasi tekhnis dan eksekusi tetap menjadi domainnya daerah yang selaras dengan Otonomi Daerah ‘ tukuknya.

‘ Untuk menunjang kelancaran SRG ini akan kami siapkan gudang gudang penyimpanan dan Support penuh dari HimBaRa ( Himpunan Bank Negara ) yang sudah teken MOU dengan Kementerian Perdagangan di tingkat pusat dan tentu turunannya Pemerintah Daerah nantinya akan kami sinergikan dengan HimBaRa di tingkat Wilayah ( Provinsi ) dan Cabang ( Kab/Kota ) serta tentu saja Support maksimal kami harapkan dari Pimpinan pimpinan di setiap daerah yang bersangkutan yakni Gubernur dan Bupati / Walikota ‘ pungkas Pak Wamen Milenial ini.

Baca Juga :   Pelantikan DPD IPK Riau Beserta jajaran Kab./ Kota berlangsung Meriah

Sementara Wakil Bupati 50 Kota Rizki Kurniawan Nakasri dalam sambutannya mengatakan ‘ Kami beserta Forkopimda Kabupaten 50 Kota siap bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan untuk menyukseskan Program SRG ini dan Kami beserta Pak Bupati ( sedang di luar daerah ) siap mendukung penuh dan akan segera menyusun Regulasi , Juknis dan eksekusinya yang nanti akan menjadi pedoman bagi para Pelaku pelaku usaha di Kabupaten 50 Kota sehingga hasil panen para petani kami tidak mengalami harga murah ketika Panen raya dan tentunya Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mendukung penuh kemajuan di daerah daerah khususnya di Kabupaten 50 Kota ‘ pungkas Pak Wabup yang juga Milenial ini.

Baca Juga :   Perusahaan Sawit Selamatkan devisa Rp239,4 triliun

Setelah Konferensi Pers dengan Wartawan , Pak Wamendag dan Pak Wabup meninjau Produk Produk UMKM Kabupaten 50 Kota yang di Pajang di Gedung PLUT .

Rombongan selanjutnya Meninjau Pokan Sarilamak dan Pokan Piladang.
Setelah melakukan kunjungan selama 2 hari ( 20 – 21 Mei 2021 ) Rombongan Pak Wamendag bergerak menuju Padang ( BIM ) , untuk selanjutnya kembali Ke Jakarta.

Penulis : SUKRIANTO

  • Bagikan
error: Content is protected !!