Danlantamal IV Hadiri Launching Kapal PC 40 M

Batam (Kepri), cMczone.com – Danlatamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, menghadiri acara Launching (peluncuran) pengadaan 1 unit Kapal Patroli Cepat 40 meter (PC 40 M), di Galangan Kapal PT Karimun Anugrah Sejati (PT KAS) Tanjung Uncang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (25/5/2021).

Pembangunan 1 unit kapal tersebut, dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa, hal tersebut ditandai dengan peluncuran kapal PC 40 M oleh Aslog KSAL Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, dan penandatanganan Berita Acara antara Kadisadal dan Direktur PT KAS yang disaksikan oleh Aslog Kasal.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa sequence pembangunan kapal perang meliputi first steel cutting, keel laying, launching, shipnaming, delivery and receiving, commissioning dan terakhir pengukuhan KRI. Pembangunan kapal PC 40 M ini telah sampai pada tahap launching,” ujar KSAL yang dibacakan oleh Aslog KSAL.

Baca Juga :   Perkenalkan Diri sebagai Pejabat Baru, Wadanlantamal IV Berikan Arahan pada Prajurit dan PNS

Kehadiran kapal tersebut nantinya akan difungsikan sebagai kapal bantu Hidro Oceanografi, diharapkan dapat menajamkan kemampuan Pushidrosal dalam mendukung dan memantapkan peran dan pusat informasi Geospasial Kelautan Indonesia.

Pembangunan kapal PC 40 M tentunya memiliki makna strategis bagi industri Pertahanan Nasional, hal tersebut dibuktikan oleh PT KAS yang telah berhasil dan diandalkan dalam pembangunan teknologi Industri Pertahanan bagi kepentingan Nasional, mengingat selama ini pengadaan kapal-kapal Hidro Oceanografi  pembangunannya oleh galangan kapal luar negeri.

“Luasnya wilayah perairan Indonesia yang perlu di survei membutuhkan jumlah kapal survei yang tidak sedikit, untuk itu pengadaan kapal ini menjadi solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut,” pungkas KSAL.

Baca Juga :   30 Masyarakat Panutan di Berangkatkan Umroh Pemkab Kampar.

Hadir dalam acara tersebut Wadanpushidrosal, Kadismatal, Kadisadal, Kadislaikmatal, Danguskamla Koarmada I, Paban VI Sopsal, Kasubdisadalada Disadal, Dansatgas PC 40 M, Danlanal Batam, Paban III Skomlekal, Komisaris PT KAS dan Direktur PT. KAS.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV