Propam Mabes Polri Cek Disiplin dan Kepatuhan Personel Jajaran Polda Sumut

SUMUT, (cmczone.com) – Divisi Propam mabes Polri melakukan pemeriksaan disiplin dan ketidakpatuhan personel jajaran secara mendadak dan bergiliran.

Selasa (9/6/2021), giliran Polda Sumut yang dilakukan pengecekan yang dipimpin oleh Kabag gaktiblin Biro Provos Divisi Propam Mabes Polri, Kombes pol Jamaluddin Party. Kegiatan itu juga melibatkan Pusdokkes Mabes Polri.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menyebutkan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan pelanggaran dan kejahatan disiplin serta kode etik personel.

“Arahannya kira-kira semua peristiwa pelanggaran disiplin dan kode etik maupun pidana yang dilakukan anggota Polri itu biasanya didahului karena ketidakdisiplinan dan ketidakpatuhan,” sebut Nainggolan.

Baca Juga :   Mengenal Kembali Olahraga Tarung Derajat Payakumbuh, BOX...!

Dijelaskannya, pelaksanaan pengecekan yang dibantu personel Subbid Provoost Polda Sumut dan Bid Dokkes Polda Sumut itu juga dilakukan terhadap Kapolda Sumut, Waka Poldasu, Irwasda dan para pejabat utama (PJU) serta seluruh personel dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pengecekan dan pengawasan itu wajib dilakukan oleh semua pimpinan sampai ke tingkat perwira pertama (Pama) agar tidak terjadi pelanggaran dan kejahatan anggota.

“Mereka melakukan cek seluruh personel dan ASN, antara lain administrasi identitas berupa KTA, kartu kepemilikan senjata, KTP, SIM, kerapian dilanjutkan dengan pemeriksaan test urine,” jelasnya.

Tes urine ini diikuti 480 personel. Kegiatan pengecekan itu sebelumnya juga sudah dilakukan Divisi Propam dan Pusdokkes Mabes Polri di Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan, Polres Sergai, Polres Deliserdang, Direktorat (Dit) Polair dan Dit Samapta.

Baca Juga :   Diduga Kuat Pihak SPBU 24.373.69 Limbur Tembesi Sarolangun Dapat Setoran Dari Oknum Mafia Pelangsir BBM Bersubsidi!

Menurut Nainggolan, pelanggaran dan tindak kejahatan itu lebih sering terjadi atau dilakukan anggota karena tidak disiplin dan ketidakpatuhan.

“Tujuan kegiatan ini memperbaiki kedisiplinan dan kepatuhan diawali oleh seluruh pimpinan sampai tingkat Pama.

Penulis: Suriadi