Kepemimpinan Firdaus-Ayat Untuk Kota Pekanbaru Dalam Satu Dekade

Pekanbaru,(cMczone.com) – Dengan berbekal gagasan dan ide yang telah mengkristal menjadi sesuai visi dan mis, Firdaus – Ayat Cahyadi berharap memikat hati masyarakat kota Pekanbaru tahun Periode 2012-2017 dan dilantik pada tanggal 26 Januari 2012 atas nama Menteri Dalam Negeri oleh Gubernur Riau Rusdi Zainal.

Adapun Visi dan Misi yang diusung adalah ” Terwujudnya Pekanbaru Sebagai Kota Metropolitan yang Madani ” yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2012. Potret kota Pekanbaru Tahun 2012 dikelompokkan dalam 5 (lima) aspek, yaitu: Sosial Masyarakat, Ekonomi, Lingkungan, Agama dan Budaya serta Pemerintahan.

Ada 3 (Tiga) modal pembangunan yang dimiliki Kota Pekanbaru yaitu:
1. Penduduk
2. Luas Wilayah
3. Letak Strategis
Untuk mewujudkan Visi dan tuduhan pembangunan tersebut, Walikota dan Wakil Walikota melakukan lima strategi yang disebut dengan Panca Cita.

Baca Juga :   AMPG Tanjungpinang Berbagi Kasih di STAI Mifatahul Ulum dan Pesantren Raudhatul Qur'an

Pemerintahan yang melalui seluruh lapisan masyarakat dengan pelayanan yang lebih dekat, cepat, tepat, ramah dan tentang lebih baik. Pekanbaru Smart City Madani adalah Visi yang digagas oleh Walikota dan Wakil Walikota, Firdaus -Ayat. Pemerintah Kota Pekanbaru menerapkan 6 pilar sebagai indikator untuk mewujudkan konsep Smart City, yaitu Smart Goverment, Smart People, Smart Environtment, Smart Ekonomi, Smart Mobility, dan Smart Living.

Untuk meningkatkan iklim investasi, pemerintah Kota Pekanbaru melakukan inovasi dalam hal pelayanan publik dengan membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai jenis pelayanan yang lengkap dan yang terbaik.

Transformasi yang dilakukan melalui revolusi mental dalam pembangunan Sumber Dana Manusia hingga saat ini telah memperlihatkan hasil terlihat pada cari berpikir masyarakat Kota Pekanbaru yang semakin modern, maju dan berperadaban.

Baca Juga :   325 TKA Cina Masuk ke Kepri, Mahasiswa Ini Kecewa pada Isdianto

Keberhasilan yang telah dicapai dan dirasakan maanfaatnya oleh masyarakat pada Periode ke-2 kepemimpinan Firdaus-Ayat di bidang Pembangunan Manusia tergambar pada Sektor Pendidikan, Kesehatan, Keagamaan dan Kependudukan. Untuk bidang Pembangunan Infrastruktur tergambar pada Sektor Transportasi, Kelistrikan dan Gas, Air Bersih dan Sanitasi, serta Sarapan dan Prasarana Pemukiman. Untuk bidang Ekonomi tergambar pada Sektor Ekonomi Makro, Investasi, Perdagangan, Industri dan Pariwisata. Capaian dibidang Pemerintahan tergambar pada Sektor Infrastruktur Pemerintahan, Pajak dan Retribusi, Kepegawaian dan Administrasi Wilayah.

Selama Kepemimpinan Walikota DR. H. Firdaus, St, MT bersama Wakil Walikota Ayat g prestasi yg mereka raih, hal ini ditandai dengan banyaknya penghargaan atas kerja mereka bersama masyarakat dalam membangun Kota Pekanbaru Metropolitan yang Madani.

Baca Juga :   Ekonomi Batam Tumbuh Mendekati 6 Persen

Pesatnya pembangunan dan Investasi di segala sektor yang dipersembahkan untuk Kota Pekanbaru adalah bukti nyata bahwa pemikiran dan kebijakan selama 1 Dekade Kepemimpinan Firdaus – Ayat mampu dan berharap memberikan peluang dan harapan rasa aman, nyaman dan mudah bagi seluruh pelaku usaha untuk beraktifitas di Kota Pekanbaru, sekaligus bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat Kota Pekanbaru yang Madani. (Adv)