DPKP Tanjungpinang Gelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Aparatur

Tanjungpinang (Kepri), cMczone.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang, melaksanakan kegiatan “Pelatihan Peningkatan Keterampilan Aparatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang Tahun 2021” di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, Kamis (1/7/2021). 

Dalam pelatihan ini, diikuti oleh 31 orang anggota piket DPKP yang dilatih oleh anggota DPKP yang sudah bersertifikat Inspektur Pemadam TK I.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai latihan rutin bagi anggota untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan anggota dalam melaksanakan tugas pemadaman dengan mencapai waktu tanggap (response time) 15 menit,” kata Kepala DPKP Hantoni.

Waktu tanggap, kata Hantoni, adalah waktu layanan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) sejak diterimanya laporan, persiapan dan waktu perjalanan hingga sampai proses pemadaman dimulai (air menyemprot).

Baca Juga :   Hadiri Isra' Mi'raj di Masjid Al-Mukminin, Ansar Ahmad: Sejak Kecil, Saya Aktif di Masjid Ini

Adapun jadwal kegiatan antara lain :

1. Kegiatan dimulai dengan apel yang dipimpin oleh Kepala DPKP sekaligus pengarahan.

2. Selanjutnya pemanasan dan latihan fisik.

3. Setelah latihan fisik, dilakukan perekaman waktu anggota pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) per regu dari setiap pos.

4. Perekaman waktu anggota dalam persiapan pemadaman (tiba di TKP, gelar selang dan penyemprotan)

5. Simulasi waktu tanggap proses pemadaman (praktek api). 

Dalam pengarahannya, Kepala DPKP Hantoni mengatakan, bahwa tugas dan kewenangan DPKP sesuai dengan Permendagri No.16 Tahun 2020 tentang Perubahan Nomenklatur Damkar serta Perda No. 6 Tahun 2020 tentang Pembentukan dan Susunan Struktur Organisasi Perangkat Daerah Kota dan Perwako No. 10 tahun 2021 tentang Tugas dan Kewenangan Damkar untuk Membantu Walikota dalam Melaksanakan Urusan Pemerintah Bidang Damkar.

Baca Juga :   Camat Kumpeh Dicky Ferdiansyah S.SSTP Turun Langsung Bersama (MUSPIKA KECAMATAN) Pantau Vaksinasi Lansia Di Kelurahan Tanjung

“Yaitu, Pencegahan, Pengendalian, Pemadaman, Penyelamatan dan Pemberdayaan Masyarakat yang semua ini bertanggung jawab kepada Walikota. Kita berharap, dengan pelatihan ini bisa memberikan semangat serta mengolah kebugaran diri bagi personil Damkar,” ujar Hantoni.

Hantoni menambahkan, bahwa hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah sebagai pencapaian waktu tanggap yang diperoleh masing-masing regu sudah baik, operator armada masih harus ditingkatkan dan komunikasi dalam tim yang terjalin sudah baik.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : DPKP Tanjungpinang