Tambah Wawasan, DPP SPI Gelar Pra UKW

Riau, (cMczone.com) – Dengan menerapkan protokol kesehatan (Cuci tangan, pakai masker, jaga jarak), pelatihan materi Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahap pertama (1) yang diselenggarakan Solidaritas Pers Indonesia (SPI), Kamis (01/07/2021) di Jalan Pattimura Kota Pekanbaru-Riau, sukses

Dari pantauan, hadir sebagai narasumber yang memberikan materi pra UKW, Drs Pantas Sotompul. Sekretaris Umum SPI yang juga Owner dan/atau Pemimpin Umum (PU) media Harian Berantas, B Naso tampak hadir diacara yang pertama sekali diselenggarakan oleh SPI ini. Dalam pelatihan materi Pra UKW tersebut dihadiri oleh 19 peserta dari berbagai media Pers terbitan lokal dan nasional.

Ketua Umum (Ketum) Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Suriani Siboro dalam sambutannya mengatakan, “Pelatihan materi Pra UKW yang sedang berjalan hari ini (Kamis-red), tetap digelar pada bulan berikutnya. Pelaksanaan pelatihan pra UKW bagi Jurnalis atau Wartawan seperti yang kita lakukan hari ini, tetap dilaksanakan oleh Solidaritas Pers Indonesia atau SPI secara bertahap” ujarnya.

Dikatakan Suriani Siboro, pelatihan materi Pra UKW yang diselenggarakan oleh SPI ini bertujuan untuk menambah wawasan dan kemampuan para Jurnalis agar mampu menghadapi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan dilaksanakan oleh Solidaritas Pers Indonesia bersama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Provinsi Riau ini pada bulan September 2021 mendatang.

Baca Juga :   Kapolres Merangin Beserta Jajaran Mengunjungi Pasien Positif Covid-19 di Rumah Isolasi di Merangin

Dalam kesempatan, Drs. PH Sitompul selaku pemberi materi, bangga dengan para peserta (Wartawan-red) Pra UKW tahap 1 ini. “Saya sangat bangga atas kehadiran rekan-rekan semua yang mau mendengar materi UKW ini. Sebab bukan gampang untuk mendapatkan kelulusan jika pengujinya lembaga pemerintah yang sah” terang PH Sitompul.

Ditegaskan Drs PH Sitompul, dalam Uji Kompetensi Wartawan ada beberapa hal yang harus diingat oleh seorang Wartawan yaitu, apa itu Wartawan, apa itu Pers dan peranan Pers itu?

Yang paling dikuatkan lagi katanya, “Seorang Wartawan beretika, dan memiliki skill dan kecakapan. Dan semua Wartawan itu harus bisa mempersiapkan diri sebelum ujian, dan tak boleh menantang atau melawan gurunya yang menguji termasuk melawan organisasi penyelenggara ujian atau UKW itu.” terangnya mengahiri.

Baca Juga :   14 Tenaga Kerja Outsourcing di Kantor Bupati, Masih Belum Terima Gaji

 

Rilis Resmi DPP-SPI