Idul Adha 1442 H : Danlanudal Tanjungpinang Serahkan Hewan Qurban

  • Bagikan

Tanjungpinang (Kepri), cMczone.com – Komandan Pangkalan Udara TNI-AL Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, menyerahkan secara simbolis hewan kurban untuk dikurbankan dalam rangka Perayaan Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi, di Halaman Parkiran Satang, Lanudal Tanjungpinang, Selasa (20/7/2021). 

Heru menyerahkan satu ekor sapi kepada Kasatharpesud Mayor Laut (E) Aris Yulianto, selaku Ketua Panitia Perayaan Idul Adha Lanudal Tanjungpinang.

Acara penyerahan hewan qurban dihadiri oleh para Perwira, Bintara dan ASN Lanudal Tanjungpinang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Adapun tema perayaan kali ini adalah “Maknai Idul Adha 1442 H/2021 M dengan Meningkatkan Semangat Gotong Royong dan Rela Berkorban di Tengah Pandemi Covid-19”.

Heru mengatakan, bahwa pemotongan hewan qurban ini diwajibkan bagi umat muslim yang mampu untuk melaksanakan ibadah qurban sebagai implementasi rasa kesetiakawanan sosial pada sesama, serta bukti rasa syukur terhadap nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Baca Juga :   Tanpa Kenal Lelah, Hari Ini Ansar Ahmad Kampanye di 12 Pulau di Lingga

“Nilai yang bisa dipetik dari momentum Idul Adha adalah sebuah teladan yang diberikan oleh Nabi Ibrahim. Yaitu, berupa kelapangan hati beliau dengan menyerahkan harta dunia yang sangat berharga dan beliau sayangi, yaitu sang putra Nabi Ismail untuk dikorbankan, hanya demi mengharap ridho dari Allah SWT,” terang Heru.

Keikhlasan di sini, lanjut Heru, mencakup keikhlasan dalam hubungan kita dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia.

“Ibadah qurban menuntut kita untuk berbagi, saling tolong-menolong dengan masyarakat sekitar dan ikut merasakan penderitaan sesama,” kata Heru.

Oleh karena itu, kata Heru, dengan mengingat makna yang terkandung dalam perayaan Idul Adha, kita dapat mengintropeksi diri, sudah sejauh mana keikhlasan kita dalam kehidupan ini, terutama dalam menjalankan ibadah seperti yang telah diteladankan oleh Nabi Ibrahim As tersebut.

Baca Juga :   Pembukaan Pertemuan Multilateral Kepala Staf Angkatan Darat ASEAN ke-20

“Kepada panitia dan semua pihak yang turut membantu atas kesiapan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, saya ucapkan terima kasih sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Saya berharap, agar daging hewan qurban dapat dibagikan dengan memprioritaskan saudara-saudara kita yang lebih membutuhkannya,” harap Heru.

Sementara itu, Ketua Panitia Mayor Laut (E) Aris Yulianto menyampaikan, bahwa pada tahun ini Panitia Perayaan Idul Adha  masjid Al-Baari menerima hewan qurban sebanyak 2 ekor Sapi dan 5 ekor kambing dari para Shohibul Qurban yang dititipkan untuk disembelih dan didistribusikan.

“Pendistribusian dari daging qurban tersebut disalurkan kepada Prajurit/ASN Penerbangan TNI-AL Tanjungpinang, Panti Asuhan/Pondok Pesantren, Warakauri/Pensiunan serta masyarakat di sekitar Lanudal Tanjungpinang, dengan total 170 Paket yang terdiri dari daging,  tulang dan jeroan,” jelas Aris.

Baca Juga :   Pasca Banjir, Dandim 0315/Bintan Minta Pengembang Pikirkan Saluran Irigasi Air

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : PEN-Lanudal Tanjungpinang

  • Bagikan