Aprizal, Tokoh Dan Aktivis Sosial Maju Di Kontestan Pemilihan Wali Nagari

  • Bagikan

Pariaman,(cMczone.com) – Aprizal (48 Th) yang pernah mengenyam pendidikan agama di pesantren gaya baru Paingan kecamatan Sungai limau  Kabupaten Padang Pariaman Dan melanjutkan Pendidikan Tingkat SLTA/Sederajat.

Beliau merupakan tokoh pemuda dan tokoh masyarakat kenagarian Kuranji Hilir, Kecamatan sungai limau. Sosok yang dikenal supel dan mudah bergaul dengan siapa saja, baik dengan masyarakat, penegak hukum, tokoh Nasional. Tidak hanya itu sejak tahun 2006 lalu Bapak dengan Tujuh orang anak ini juga menunjukkan kiprahnya sebagai salah seorang Inisiator lahir dan terbentuknya salah satu Organisasi Nasional di Sumatera Barat yang terus berkembang hingga saat ini Yaitu PEKAT INDONESIA BERSATU Sumatera Barat, dan menghadiri Musywarah Nasional Pertama PEKAT IB di Grand Inna Bali pada tahun 2013 silam.

berikut ini adalah pengabdian Orgnisasinya:

  1. Inisiator Pendiri PEKAT IB SUMBAR Tahun 2006
  2. Pembina PEKAT IB
  3. Ketua Badan Pengawas UPK PNPM Kecamatan Sungai Limau dari 2015 – Sekarang

Beliau juga pernah menjadi wali Korong Padang Bintungan dari 2011 – 2014, berbagai pengalaman sosial pembelaan terhadap hak hak masyarakat lemah yang terabaikan baik dikampung maupun di perantauan pernah dilaluinya. Bahkan Pada tahun 2012 silam ketika beliau menjabat sebagai wali Korong Padang bintungan pernah memperjuangkan pembangunan salah satu ruas jalan yang ada di Korong Padang Bintungan ke Kementrian PDT di Jakarta hingga terbangunnya jalan tersebut.

Baca Juga :   Membaca Gairah Politik Seorang Wan El Kenz

Keberadaan peran tokoh masyarakat yang aktif dalam masyarakat sangat dibutuhkan, hal ini sebagai wujud dari partisipasi kewargaan dalam masyarakat tersebut. Tokoh masyarakat yang aktif berperan sebagai titik sentral dalam perwujudan daerah yang baik sudah barang tentu keberadaannya untuk dapat berbuat lebih sangat dibutuhkan dalam upaya pengembangan daerah/nagari yang baik. Sebab tokoh masyarakat yang memiliki kemauan dan keberanian dalam membela hak hak masyarakat.

Pada bulan Juni 2021 silam, Aprizal bersama sama dengan masyarakat juga memperjuangkan terkait dugaan perubahan sepihak rencana pembangunan jalan lingkar di Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Sungai Limau, Padang Pariaman, sepanjang 2,7 kilometer menuai protes dari warga.

Keberadaan serta perannya sangat berpengaruh dalam perkembangan sebuah nagari baik dari segi peningkatan Sumber daya Manusia yang berorientasi peningkatan Pendidikan, yang mana belau sangat sadar salah satu penyebab kemiskinan adalah factor dari rendahnya tingkat pendidikan, jadi pendidikan minimal untuk saat ini harus dan akan diperjuangkan semaksimalnya. Sehingga tidak ada lagi yang namanya anak putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan kejenjang berikutnya karena ketidakmampuan orang tua si anak tersebut. Peningkatan Ekonomi yang berorientasi pengoptimalan sumberdaya daerah, seperti pengembangan dibidang Pariwisata, dibidang Pemuda dan olah raga juga menjadi perhatiannya dan pada tahun 2017 juga menginisiasi serta terjun langsung sebagai Panitia pertandingan Volly ball Piala KAPOLDA & DANREM CUP Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang mana acara tersebut dihadiri Langsung oleh Kapolda beserta seluruh Kapolres se Sumatera Barat dan dari Jajaran Danrem.  Pembentukkan dan pemberdayaan kelompok kelompok tani guna peningkatan serta kemajuan dibidang pertanian, penguatan Budaya serta adat istiadat yang merupakan ciri khas masyarakat alam minangkabau oleh sebab itu keberadaannya serta peran lebih dan dengan “MAJU BERSAMA UNTUK PERUBAHAN” menjadi salah satu faktor penunjang dalam pengembangan sebuah nagari.

Baca Juga :   Kabag Persidangan DPRD Riau Muflihun Ucapkan Selamat Menunaikan Ibadah

Dengan basic keilmuan yang didapatkan dari Pesantren tersebut Aprizal juga akan meningkatkan sumberdaya serta mengoptimalkan dari sisi keagamaan yang diyakininya salah satu factor utama dalam peningkatan dan kemajuan Nagari disamping factor budaya dan adat istiadat bahkan beliau pernah didaulat sebagai Pembina Kelompok Ratik pasa Panjang, factor pendidikan dan ekonomi serta kesehatan masyarakat. Oleh Karen hal tersebut jika diamanahkan, akan memadukan berbagai factor tersebut untuk Pembangunan, peningkatan serta kemajuan Nagari.

Berangkat dari keinginan masyarakat. Para tokoh masyarakat, tokoh Agama dan para sahabat, beliau menyampaikan “Dengan kerendahan hati dan dengan Bismillahirrahmanirrahim, maminta Do`a sarato Restu kapado Seluruh Masyarakat Kenagarian Kuranji Hilir baik yang ada di Kampuang maupun nan  barada di parantauan…Ambo mencalonkan diri sebagai Calon Wali Nagari Kuranji Hilir yang akan dihelat pada tanggal 31 Oktober 2021 mendatang” uncap Aprizal dengan penuh kesungguhan serta berikhtiar.

Baca Juga :   Menumpangi KM. Bunga Batari Komisioner KPU Kembali Membelah Lautan Selayar

Ketika dijumpai awak media disela sela kesibukannya beliau menyampaikan, “ Optimalisasi dari berbagai sumber daya yang dimiliki Nagari akan membawa kamajuan serta kebaikan untuk perubahan suatu Nagari kedepan” ucap Aprizal menambahkan.

Salah seorang perantau yang enggan disebutkan namanya, ketika dihubungi awak media untuk dimintai komentar terkait Pemilihan Wali Nagari Kuranji Hilir mengatakan, “Saat ini Masyarakat sangat dan sangat membutuhkan sosok Pemimpin disetiap tingkat yang betul-betul memiliki Integritas diri serta memperjuangkan Masyarakat dan berani mengambil keputusan yang Pro masyarakat, memiliki ide dan gagasan untuk mengoptimalkan segala sumberdaya untuk kesejahteraan Masyarakatnya, karakter yang demikian ada pada sosok Aprizal yang ikut dalam kontestan PILWANA dengan Nomor Urut 1, semoga Masyarakat lebih cerdas dalam menentukan Pemimpinnya untuk kemajuan daerah kedepannya” ucap sumber tersebut.

Editor : Muhammad Arif

  • Bagikan