Rizki Faisal Dukung Program Presisi Kapolri

cMczone.com – Ketua Komisi IV DPRD Kepulauan Riau (Kepri) Rizki Faisal, menyambut positif sikap tegas Kapolri dalam menyikapi tindakan anggota Polri di lapangan, utamanya terkait dengan penertiban kritik yang disampaikan melalui mural atau gambar dan tulisan di dinding yang belakangan menuai protes keras netizen dan sejumlah pihak.

Rizki menjelaskan, bahwa program unggulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah Presisi, dimana salah satu programnya adalah bagaimana mengaktualisasikan pelayanan masyarakat yang lebih humanis, antara lain tilang elektronik, sim online, program restorative justice, dan beberapa yang lainnya.

“Program presisi ini kan jelas ya, pesan yang termuat adalah meminimalisir kontak fisik antara petugas di lapangan dengan warga, sehingga konflik of interest bisa dihindari atau dicegah” ungkap Presidium Perhimpunan Nasional Aktivis (PENA) 98 ini.

Baca Juga :   Polisi Bekuk Dua Orang Predator Anak di Tanjungpinang

Lebih lanjut Rizki menjelaskan, bahwa Presiden dan Kapolri sangat menghargai demokrasi dengan selalu berusaha untuk mendengar pendapat atau kritik yang disampaikan oleh siapapun.

Jika demikian, lanjut Rizki, sejumlah tindak pengamanan seperti peristiwa kritik yang disampaikan melalui mural tentu itu bukan merupakan kebijakan Kapolri tapi spontanitas petugas di lapangan.

“Petugas sepertinya hanya ingin bertindak cepat agar situasi kondusif terkendali, tanpa mempertimbangkan bahwa tindakan reaksioner itu dapat diartikan aparat berlebihan dalam tindakannya,” ujar Rizki.

Karena itu, lanjut Rizki lagi, sikap cepat Kapolri mengeluarkan kebijakan berupa Instruksi untuk dijadikan pedoman di lapangan dengan tetap mengutamakan nilai-nilai demokrasi dan mengedepankan sikap humanis.

“Tentu harus kita apresiasi sebagai bentuk keberpihakan Kapolri pada nilai-nilai demokrasi,” kata Rizki.

Baca Juga :   Bentrokan Mesuji Empat OrangTewas

Selama dilakukan dalam koridor yang dibenarkan, kata Rizki, secara aturan dan hukum yang berlaku, komitmen kepolisian untuk memberi ruang agar dapat tersampaikan dengan baik.

“Ini bagus sekali, sesuai dengan visi misi Kapolri yang terus berusaha mengedepankan humanisme dalam menjalankan tugas di lapangan” pungkas Sekretaris Partai Golkar Kepri.

Editor : Budi Adriansyah