Kado Ultah Buat Kepri dari Posyantek Desa Teluk Bakau 

  • Bagikan

cMczone.com – Dunia teknologi Kepulauan Riau (Kepri) berhasil mengharumkan nama Kepri di tingkat nasional. Terbukti, melalui lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021 ini Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, meraih juara 3 tingkat nasional. Berada di bawah Posyantek dari Jawa Barat di posisi juara 1 dan Posyantek dari Jawa Tengah di posisi juara 2. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dukcapil Kepri Sardison mengatakan, jika dalam ajang TTG Nasional XXII tahun 2021 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri mengutus 3 cabang lomba TTG, namun hanya 2 cabang yang masuk 10 besar dan melaju ke babak final.

Baca Juga :   Janda Dilaporkan Perkosa Remaja Pria, Ayah Korban: Hancur Masa Depan Anak Saya

Adapun kedua utusan dari Kepri tersebut masing-masing dari Bintan di kategori Posyantekdes Berprestasi, yakni Posyantekdes Teluk Bakau dan dari Natuna di kategori TTG Unggulan yang diberi nama teknologi temuannya dengan  “Smart Cabai”.

“Alhamdulillah Posyantek Bina Desa Sejahtera dari Teluk Bakau berhasil meraih juara tiga,” kata Sardison, Senin (20/9/2021).

TTG Nasional XXII tahun 2021 ini merupakan programnya Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Ajang final sendiri berlangsung, Senin (20/9/2021), bertempat di Gedung Makarti Jalan TMP Kalibata, No.17, Jakarta Selatan.

Adapun penghargaan bagi daerah yang berhasil meraih juara diserahkan langsung oleh Menteri Desa PDTT Halim Iskandar. Dan dalam kesempatan ini Kadis PMD dan Dukcapil Kepri Sardison didampingi oleh Kadis PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika.

Baca Juga :   Mohon bantuan pemerintah dan Masyarakat Karimun. Patah Tulang Belakang dan Lumpuh. “Papah aku, Aku Masih Sanggup!”

Posyantek Bina Desa Sejahtera, Teluk Bakau, dipandang sukses merangkul beberapa pihak, hingga akhirnya menghasilkan produk ulat maggot, yakni pakan alternatif yang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan, juga pakan ternak serta pupuk organik untuk pertanian.

“Diharapkan kedepan, Posyantek Bina Desa Sejahtera ini dapat berkembang. Apalagi ulat maggot ini banyak dicari para petani, karena tingginya protein sebagai pakan ternak,” ujar Sardison.

Atas keberhasilan Posyantek Desa Teluk Bakau meraih juara 3 pada lomba  TTG Nasional XXII, Pemprov Kepri akan memberikan penghargaan atas prestasi serta sumbangsih para kreator yang telah mengharumkan nama daerah di bidang TTG

“Penghargaan tingkat nasional ini juga sebagai hadiah untuk hari jadi Provinsi Kepri ke-19. Insha Allah pada Upacara Peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepri, Gubernur akan memberikan penghargaan kepada Posyantek dari Teluk Bakau ini,” tambah Sardison.

Baca Juga :   Tanjungpinang Raih WTP 4 Tahun Berturut-turut

Sardison berharap, prestasi ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh masyarakat Kepri, terutama dalam hal mengembangkan bakat kreasi dan inovasi dibidang teknologi.

“Kita semua punya potensi yang harus digali. Maka dari itu, kita berharap prestasi di ajang TTG ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua. Terus tingkatkan kreativitas dan inovasi,” ujar Sardison.

Editor : Budi Adriansyah

  • Bagikan