Pelatihan Certified Financial Report AR Learning Center (C.FR-ALC). “Peningkatan Kompetensi Bidang Laporan Keuangan Handal”

Pekanbaru, cMczone.com – Pelatihan certified Financial Report (C.FR) diadakan sejak Rabu (24/11/2021) sampai dengan Jumat (26/11/2021) oleh pusat pembelajaran AR Learning Center yang berpusat di Sleman, Yogyakarta. Program C.FR-ALC untuk peningkatan kompetensi bidang Laporan Keuangan yang diselenggarakan via Webinar/online melalui Whatsapp group dan zoom meeting.
Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung mulai dari Pukul 19.00 WIB sampai dengan 21.00.WIB diikuti oleh kurang lebih 28 peserta disampaikan oleh Coach Bapak Akbar Widigdo Mahamboro,SE, CT-ALC dan diikuti juga Bapak Andre Hariyanto selaku pemilik AR Learning Center dan dimoderasi oleh Ibu Maulida Nurhasanah, yang diamanahi untuk memoderasi kegiatan melalui Whatsapp group dan zoom meeting serta memberikan panduan terkait pemberian tugas dan lain-lain.

Baca Juga :   RKN : Rangmudo nan Kamamajukan Nagori

Pada hari Rabu, 24 Novenber 2021 tentang pembukaan, perkenalan dan aturan pembelajaran, hari Kamis, 26 November 2021, dilaksanakan kegiatan penyampaian materi pelatihan dan diskusi disampaikan oleh Coach Bapak Akbar Widigdo Mahamboro,SE, CT-ALC dan Jum’at 27 November 2021 pemberian tugas dan menjawab tugas dari Coach. Topik yang disampaikan berkaitan dengan Peningkatan Kompetensi Bidang Laporan Keuangan Handal serta menganalisa transaksi bisnis, pembukuan secara akuntansi yang berguna bagi kelangsungan usaha perusahaan.
Adapun tujuan Pembelajaran dan program Certification training C.FR-ALC tersebut adalah
1. Meningkatkan kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip dasar Akuntansi pada transaksi perusahaan dana meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam penyajian laporan keuangan.
2. Meningkatkan kapabilitas Akuntan untuk mencatat, menyiapkan, menyusun dan menyajikan laporan keuangan secara terstruktur dan sesuai Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia.
3. Mampu memberikan analisa terkait laporan keuangan untuk aktivitas operasional, investasi, pendanaan dan proyeksi kelangsungan usaha kedepannya.
Adapun materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :
1. Mendesain pengeluaran keuangan bisnis
2. Pentingnya administrasi keuangan bisnis.
3. Pencatatan dan pembukuan.
4. Memahami kinerja cash bisnis dan accrual bisnis.
5. Konsep balanching dan implementasi dalam bisnis dan lain-lain.

Baca Juga :   Saksi Kasus Korupsi Jembatan Water Front City Kampar Hari Ini Diperiksa KPK

Selain tujuan dan materi yang disampaikan.Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan Kompetensi Bidang Laporan Keuangan yang handal. Artinya tenaga keuangan yang dihasilkan nantinya menjadi professional. Harapan dapat memahami dan dapat menjawab informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan tim audit/reviu laporan keuangan. Maka perlu adanya strategi menuju peningkatan kualitas pengelolaan keuangan secara sistemik dan terkendali serta target mencapai opini terbaik dalam Laporan Keuangan perusahaan.

Certified Financial Report of AR Learning Center (C.FR-ALC) merupakan pengakuan keilmuan non akademik, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat serta dunia usaha, serta dapat berkontribusi menggalakkan sertifikasi dan certified pada bidang pendidikan, pembelajaran dan pengkaderan ditengah masyarakat dan dunia usaha atau organisasi, aamiin yarabbal’alaamiin.