Ansar Ahmad Resmikan ‘Kampung Germas’ Kepri di Batu IX Tanjungpinang

Tanjungpinang, cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, meresmikan Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Provinsi Kepri di Alun-alun Jatayu, RW 10, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Sabtu (11/12/2021).

Peresmian ini merupakan salah satu misi Ansar-Marlin dalam mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia yang berkualitas, sehat, dan berdaya saing dengan berbasiskan iman dan taqwa.

“Bismillahirrahmanirrahim, Kampung Germas, RW 10,Kelurahan Batu IX, saya nyatakan diresmikan, semoga Allah SWT meridhoi usaha yang kita lakukan ini” kata Ansar, saat meresmikan ditandai dengan pemotongan pita.

Sebelumnya, acara yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB ini diawali dengan senam sehat bersama, pembacaan deklarasi Germas oleh Lurah Batu IX didampingi Ketua Kampung Germas dan Ketua RT 02/RW 10, penampilan tari cuci tangan, serta penyerahan penghargaan kepada Kader terbaik di Kelurahan Batu IX, keluarga yang berhasil dalam penyembuhan Gizi Buruk, serta Posyandu/Posbang dengan penerapan Prokes Terbaik.

Baca Juga :   Digelar di Tan Malaka Street Cafe, Muscablub Forki Limapuluh Kota Daulat H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo sebagai Ketum

Ansar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pemerintah terus berupaya untuk dapat melahirkan generasi Indonesia yang unggul, kompetitif dan berkualitas dalam rangka ikut serta mengimplementasikan revolusi industri 4.0.

“Maka, berbagai usaha pelayanan pendidikan di berbagai tingkatan dan berbagai program digitalisasi. Semua itu akan sukses jika pemerintah dapat menjamin angka indeks kesehatan yang baik serta menjamin tersedianya infrastruktur dasar kesehatan masyarakat,” ungkap Ansar.

Menurut Ansar, orang yang berkualitas secara pendidikan namun fisiknya tidak sehat, maka akan menjadi tidak produktif, begitu juga sebaliknya. Maka jaminan kualitas kesehatan tidak boleh diabaikan.

“Untuk itu, pemerintah memberikan jaminan kesehatan secara nasional. Termasuk Germas ini yang merupakan salah satunya yang terbentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat,” ucap Ansar.

Baca Juga :   Melalui Vicon, Danlantamal IV Berikan Kuliah Kerja pada Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59

Selanjutnya, Ansar menjelaskan, bahwa Germas merupakan gerakan sistematis dan terpadu dalam menjaga kesehatan secara berkelompok. Karena usaha menjaga kesehatan lebih penting daripada mengobati.

“Selama ini, kita banyak terfokus pada pelayanan-pelayanan dan pengobatan pada institusi kesehatan, namun jarang sekali dibicarakan mengenai promosi kesehatannya. Oleh karena itu, melalui peresmian Kampung Germas ini, saya minta fokus pada prokes lebih ditingkatkan,” pesan Ansar.

Ansar juga berpesan, agar gerakan ini dijalankan secara sungguh-sungguh setelah peresmiannya. Agar dapat dijadikan pilot projects bagi kelurahan lain, bahkan untuk seluruh kabupaten dan kota di Kepri.

“Karena, kunci dari ini semua adalah masyarakat itu sendiri. Saat ini kita juga sedang dan terus berupaya merancang pelayanan unggulan di bidang kesehatan, salah satunya pelayanan pemasangan ring jantung di RSUD RAT di bulan Maret 2022 dan pelayanan gigi mobile,” tutup Ansar.

Baca Juga :   Warga Menyerahkan Senjata Api Rakitan Ke Polsek Bahar Selatan Dengan Kesadaran Sendiri

Turut menghadiri acara ini, Ketua TP-PKK Kepri Dewi Kumalasari, Pj Sekdaprov Kepri  Lamidi, Ketua DWP Kepri Qori, Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri, para Kepala OPD Kota Tanjungpinang, Camat Tanjungpinang Timur, Lurah Batu IX, serta warga Kampung Germas.

Editor: Budi Adriansyah