Implementasi C.MARCOM-ALC dalam peningkatan SDM Pemasaran Profesional Oleh : Dr. Fahrial, SP, SE, ME

Pekanbaru, cMczone.com – Kegiatan pelatihan tentang peningkatan kompetensi Sumberdaya Manusia pada Kelas Sertifikasi AR Learning Center (ALC) pada Sertifikasi AR Learning Center (ALC) tentang Certified Marketing Communication (C.MARCOM) pada Lembaga AR LEARNING CENTER (C.HRA-ALC) Sleman Yogyakarta-Indonesia sebagai kelanjutan C.MARCOM -ALC seluruh Indonesia.

Penyelenggara ALC (Ar-Learning Center) yang dipimpin oleh Direktur AR Learning Center bu Zulhamus Syafira sudah berkembang pesat di Indonesia. Pemilik atau owner AR Learning Center bapk Mas Andre Hariyanto, C.PS, C.STMI, CF-NLP,C. MST, C.TMM, C.SB, C.PI
Peserta yang mengikuti pelatihan sertifikasi periode ini diikuti oleh 3 orang berasal dari daerah yaitu Provinsi Riau dan Provinsi Tanggamus Lampung yang antusias menggali ilmu bidang Marketing Komunikasi dalam era globalisasi dan teknologi digital saat ini.

Baca Juga :   Antar Penyerahan BAP dan SK Penetapan Paslon Nandar Jamaluddin Sebut, Selayar Penyelenggara Pilkada Terawan di Sulsel

Tujuan pelatihan untuk Mendalami masalah komunikasi pemasaran terpadu, marketing komunikasi, Pengertian kognisi affeksi konasi, menjaga keterpaduan antar fungsi dalam perusahaan, konsep periklanan oleh marketing comunication, perbedaan iklan dgn promosi lainnya, tingkatan atau career path marketing.

Pada kesempatan pelatihan dan sertifikasi coach Kiki Kurnia, SE, CT-ALC menjelaskan materi Tingkatan Atau Career Path Marketing yaitu 1. Marketing industrial. Dalam hal ini posisi marketing industril baik marketing komunikasi, marketing support, marketing respresentative, itu masih masuk kedalam marketing industrial yang di mana tugas dan tanggung jawabnya sama, posisi level ini termasuk Bronze managemet 2. Supervaisor Marketing.

Sebagai posisi supervaisor marketing disini berarti kita sudah memiliki dan membawahi marketing industrial yang di mana tugas dan tanggung jawabnya berbeda dengan posisi marketing industrial, posisi ini termasuk level silver management. 3.Manager Marketing. Untuk level ini di butuhkan effort yang luar biasa dan dedikasi yang sangat matang sehingga disini bisa mendapatkan karir manager untuk jobdesknya sangat berat karena membawahi supervaisor dan staf marketing itu sendiri untuk level ini termasuk gold management. 4 Head Of Marketing. Untuk HOM disini adalah bapaknya marketing dari semua marketing semuanya keputusan dalam kebijakan ada di tangan HOM, sehingga level ini bisa di sebut Platinum Management. Carrer path marketing agak lumayan tinggi kita bisa sampai ke head of marketing.

Baca Juga :   Tim Wasev Kodam I/BB Tinjau Kegiatan TMMD Kodim 0315/Bintan

Jika sudah level HOM otomatis secara modal dan ilmu harus sudah memiliki perusahan dan cabang cabangnya amiin.

Kesimpulan dari materi bahwa setiap orang baik itu pegawai kantor pegawai swasta kita jika ada niat bisa menjadi seorang marketing yang penting mau atau tidak maunya kita. Satu satunya orang yang bertanggung jawab terhadap diri kita adalah diri sendiri
Menurut peserta pelatihan dan sertifikasi Dr Fahrial menyatakan bahawa manfaat kegiatan : Menambah Skill MARKETING COMUNICATION, Strategy MARKETING COMUNICATION dan Strategy KONSEP PERIKLANAN dan promosi yang jitu. Sedangkan Implementasi kegiatan Sertifikasi Marketing Communication (C.MARCOM) dalam organisasi dan perusahaan serta peningkatan skill dan keterampilan yang diperlukan diantaranya adalah kemampuan di bidang marketing komunikasi yang professional, berpikir kreatif dan bereksperimen.

Baca Juga :   Jenazah Kapolsek Takabonerate Iptu Agus Junihardi Dikebumikan  

Selain itu juga melakukan analisis, interpretasi data lalu pengembangan strategi marketing komunikasi yang professional dan unggul.