Peluncuran Hari Pemilu 2024: Pj Sekdaprov Kepri Saksikan dari Gedung Daerah

Tanjungpinang, cMczone.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), resmi meluncurkan hari pemungutan suara Pemilu Serentak tahun 2024 yang ditetapkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak tahun 2024 dilakukan secara langsung oleh Ketua KPU RI Ilham Saputra, dari Halaman Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (14/2/2022).

Peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak tahun 2024 ini pun diikuti oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Eko Sumbaryadi, mewakili Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad.

Eko didampingi oleh Ketua KPU Kepri Sriwati dan Ketua Bawaslu Kepri Muhammad Sjahri Papene dan unsur Forkompimda lainnya untuk mengikuti acara peluncuran secara virtual dari Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :   Sarafuddin Aluan: Calon Tunggal Dibenarkan Oleh Aturan

Penetapan hari pemungutan suara Pemilu Serentak tahun 2024 sendiri telah ditetapkan melalui Keputusan KPU RI Nomor 21 tahun 2022.

Pemilu Serentak tahun 2024 tidak hanya akan menjadi pesta demokrasi memilih Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Serentak tersebut juga untuk pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota.

Dalam acara peluncuran tersebut, Ilham  mengatakan, adanya acara peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak tahun 2024 maka masyarakat diharapkan sadar dan berpartisipasi penuh terhadap pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Semoga, dengan dilaksanakan launching hari ini, kita berharap, agar masyarakat aware terhadap pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024,” harap Ilham.

Baca Juga :   Meski Hujan Masyarakat Karimun Berbondong-bondong Sambut Ansar Ahmad

KPU RI dan daerah seluruh Indonesia tengah berusaha mempersiapkan dengan matang persiapan Pemilu Serentak tahun 2024, seperti regulasi dan infrastruktur dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

“Tentu, kami tidak akan bisa menyelenggarakan tanpa dukungan dari Pemerintah, DPR, para Parpol dan Stakeholder Pemilu lainnya. Biar bagaimana, KPU tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” tegas Ilham.

Seremoni peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak ditandai dengan pencoblosan surat suara oleh para pimpinan KPU RI.

Dalam acara tersebut, hadir Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate, dan perwakilan instansi pusat dan perwakilan Parpol lainnya.

Editor: Budi Adriansyah