Bangkitkan UMKM Pasca Pandemi, Roby Kurniawan Realisasikan Program Pinjaman Tanpa Bunga…

cMczone.com – Pemerintah Kabupaten Bintan mengharapkan program pinjaman tanpa bunga dapat membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah terdampak akibat pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, bahwa program subsidi tanpa bunga yang diperoleh dari pinjaman para pelaku UMKM dari Bank BPR Bintan merupakan stimulus yang diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi.

Hal tersebut dikatakan Roby, usai melakukan penyerahan secara simbolis Kredit Pinjaman Tanpa Bunga kepada pelaku UMKM dalam agenda Seminar Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui pinjaman bank yang diinisiasi oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tanjungpinang, di Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Sabtu, 12 November 2022.

Baca Juga :   Okmart Kembali Meluncurkan Produk Baru

“Program bantuan subsidi tanpa bunga (0%) ini mudah-mudahan dapat bermanfaat, yang mana kita tahu di tengah kondisi pandemi Covid-19 banyak saudara-saudara kita yang punya usaha tidak dapat berputar ruang usahanya, sehingga membutuhkan modal. Nah, makanya pemerintah hari ini harus hadir dan bekerja sama dengan Bank BPR Bintan, kita salurkan pinjaman tanpa bunga ini,” ungkap Roby.

Diketahui, bahwa pada awal Tahun 2022, Pemkab Bintan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar guna mensubsidi bunga pinjaman bagi para pelaku UMKM yang memenuhi prosedur pinjaman. Untuk pengadaan sarana prasarana, pelaku UMKM dapat meminjam uang dari Bank BPR Bintan sekitar Rp 30 juta, sedangkan pengembangan modal usaha berkisar Rp 10 juta.

Baca Juga :   Yusuf Mansur : Bayar Pajak Rp200 Juta Sehari, DJP Siap Cek Klaim Pajaknya

“Jadi, untuk bunga pinjamannya pemerintah yang bayar. Pelaku UMKM nggak usah khawatir. Mudah-mudahan ini bermanfaat dan bisa mengembangkan ekonomi masyarakat kita,” tegas Roby.

Roby melanjutkan, bahwa sampai Bulan November 2022 ini subsidi yang sudah disalurkan senilai Rp 1.27 milyar kepada 340 UMKM di Kabupaten Bintan.

“Ucapan terima kasih kepada STIE Tanjungpinang atas keikutsertaannya dalam membantu mensosialisasikan program ini. Melalui mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diturunkan dibeberapa titik di desa di Kabupaten Bintan. Kita hitung, ada 6 lebih titik yang telah dan akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini, yang salah satunya pada hari ini terlaksananya sosialiasi program ini di Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan ini,” ujar Roby.

Baca Juga :   Kepri Tuan Rumah Gernas BBI 2022, Ansar Ahmad Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Bintan Asy Syukri mengatakan, melalui program ini, bukan saja pelaku UMKM diberikan kemudahan dalam hal permodalan, tetapi mereka juga mendapat bimbingan dalam hal legalitas usaha mereka.

“Seperti sertifikasi halal, serta administrasi lainnya dan juga kiat-kiat sukses juga diberikan dalam pengembangan usaha,” ujar Syukri.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Ronny Kartika, Asisten Adm Perekonomian dan Pembangunan Bintan Mohd Panca Azdigoena, Direktur BPR Bintan Radiah Razak, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bintan Asy Syukri, Camat, Kepala Desa dan Instansi terkait lainnya.

Editor: Budi Adriansyah