H.Rafdinal, SH Bersama Kadisnakertrans Sumbar Buka Pelatihan Menjahit di Nagari Bawan

Cmczone.com- Anggota DPRD Sumatera Barat dari Fraksi PKS, H.Rafdinal SH bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar membuka pelatihan menjahit di Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sabtu 13 Mei 2023.

Pembukaan pelatihan menjahit berbasis kompetensi merupakan rangkaian pelatihan yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Sumbar yang bersumber dari APBD TA 2023 c/q pokok pokok pikiran (Pokir) H.Rafdinal SH.

Pelatihan direncanakan berlangsung selama 30 hari, dengan durasi pelatihan 8 jam/hari (240 JP) dan tidak boleh libur.
Adapun jumlah peserta sebanyak 16 orang wanita.

H.Rafdinal SH dalam sambutannya mengatakan, pelatihan menjahit ini bisa terlaksana berkat aspirasi yang kami serap melalui reses tahun sebelumnya. Melalui berbagai proses serapan aspirasi tersebut bisa kita laksanakan hari ini.

Baca Juga :   Oliong Panipahan (Samin), Pengusaha Muda Dan Juga Sebagai Tokoh Masyarakat Tiong Hoa Panipahan Yang Dermawan dan patut di contoh

“Kami mengucapkan selamat berlatih kepada para peserta yang sudah terpilih melalui proses seleksi, mudah mudahan ilmu yang didapat, bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan keluarga,” ungkapnya.

Kadisnakertrans Sumbar, Ir. Nizam Ul Muluk M.Si berpesan kepada peserta pelatihan menjahit pakaian dasar, ikuti lah pelatihan ini secara fokus dan serius, taati dan patuhi yang sudah dibuat oleh UPTD-BLK Payakumbuh, disiplin dan pasca pelatihan diharapkan tetap berhubungan dengan BLK, sehingga kemitraan akan terus terjaga dalam memanfaatkan peluang peluang bisnis kedepannya.

“Prinsip dari bantuan pelatihan itu membina kelompok, jadi kami berharap para peserta tetap dalam kelompoknya dalam memanfaatkan peluang usaha, sehingga bisa mengangkat ekonomi secara berkelompok pula,” Pungkas Kadisnakertrans Sumbar.

Baca Juga :   Longsor Bukit Rayo Desa Muaro Cuban, Kapolsek dan Jajaran Patroli Lokasi

Hal senada, Kepala BLK Payakumbuh, H.Satri Edi S.Sos sebagai penanggung jawab Unit Pelaksana Tekhnis Pelatihan menuturkan, kami berharap peserta ikuti semua arahan dari Instruktur kami (Bersertifikasi Nasional), sehingga step by step Ilmu yang diajarkan bisa terserap maksimal.

“Program ini sejalan dengan Visi Gubernur Sumatera Barat, yakni : terwujudnya Sumatera Barat madani yang unggul dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu Progul (Program unggulan) Pemprov Sumbar, maka melalui pelatihan ini juga hendaknya bisa mencetak tenaga terampil yang targetnya hingga 100 ribu orang,” imbuh Nahkoda BLK Payakumbuh.

Wali Nagari Bawan diwakili Seknag Dede Chaniago S.Sos, mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Sumbar Bapak H.Rafdinal yang telah menyisihkan pokok pokok pikirannya untuk membina tenaga kerja pasif income kami (Bawan dan sekitarnya), mudah mudahan alokasi pokir yang diberikan dapat kami manfaatkan sebaik baiknya.

Baca Juga :   Wahyu Setiawan Dampingi Langsung BPBD Tanjabtim Cek Lokasi Banjir di Kelurahan Teluk Dawan

“Begitu juga dengan Dinaskertrans Sumbar UPTD-BLK Payakumbuh yang telah bersedia melaksanakan pelatihan menjahit di Nagari Kami,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut tampak hadir, Anggota DPRD Agam, Rezki Abdillah, Camat Ampek Nagari diwakili Kasi Kesos Kecamatan : Ros Nely Asmawati.

Tim