Nagari Mungka Baralek Gadang, Dt.Paduko Tuan : Kembali Ke Mungka Tempoe Doeloe..!

Cmczone.com- Partamo, sombah manyombah, kaduo basi jo basi, katigo siriah jo pinang.

Sombah manyombah dalam adat, tali batali undang-undang tasobuk dimuluk manih, bapakai baso jo basi.

Muluk manih calempong kato, baso baiak gulo dibibia dek buek pakai bauni, dek jonji kato mufakat dek luruh tak dapek tidak, namun adat bapakai juo

Dalam sejarahnya (tambo adat) nagari Mungka IX Koto dulu dipimpin oleh datuak niniak yang bergelar Dt. Siri Marajo, datuak niniak membawahi 12 datuak ka ampek suku dan masing masing Dt. ka ampek suku yang disebut juga dengan limbago, yang selanjutnya limbago limbago membawahi datuak datuak andiko.

Baca Juga :   Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Teluk Dawan Gelar Tahlilan dan Kompak Gotong Royong Bersama

 

Datuak datuak andiko ini merupakan kepala kaum dari masing masing suku, ada kampai, pitopang, payobadar, dst.

 

Nah, My. Dt. Paduko Tuan merupakan 1 dari andiko yang akan dihantarkan ke balai adat gontiang putuh niniak nan barompek datuak diri marajo Mungka IX Koto.

 

Dalam tambo adat datuak siri marajo dari Mungka (Koto Tuo) merupakan 1 dari 4 datuak niniak, 3 lainnya bergelar : datuak bandaro dari Maek (Aua Duri), Datuak Mako Indo dari Andiang (Koto Loweh), Dt. Rajo Dubalai di Koto Kampar.

 

Prosesi maanta ka balai merupakan puncak dari rangkaian maangkek kepala kaum (datuak) dalam adat di ranah minang, istimewanya datuak-datuak nan di anta ka balai akan mendapatkan “legalitas” berupa selembar sertifikat dari balai adat gontiang putuh.

Baca Juga :   Bapera Riau Lakukan Rapat Pleno Dan Siap Tunjukkan Eksistensinya

 

My. Dt. Paduko Tuan merupakan andiko dari suku kampai, dalam tambo “batanggo naiak bajonjang turun” beliau merupakan “anak buah” dari datuak ka ampek suku, namun dalam kepengurusan kan, dt.paduko tuan merupakan ketua umum, hingga secara administratif membawahi semua niniak mamak se nagari Mungka IX Koto.

 

Mungka IX Koto terdiri dari, 5 Koto di Ilia (Koto Tuo, Koto Anyia, Koto Kociek, Koto Rajo, Koto Alam), 1 koto di Mudiak (Koto Baru Bungo Satangakai), 2 Koto di Baruah (Koto Tingga jo Koto Junduih) dan 1 Koto di Ateh (Koto Tinggi Kubang Balambak).

 

Selama 2 hari (20-21 mei) anak kamanakan dalam ranah Mungka IX Koto akan melaksanakan baralek gadang batagak pangulu, sebanyak 40 datuak akan dilewakan ka balai.

Baca Juga :   Harau..oh..Harau..Target Retribusi yang Selangit, Realisasinya Kok Amit-amit?

 

Tim