Berita  

Rezka Oktoberia Revitalisasi 2 Jaringan Irigasi di Nagari Guguak

Cmczone.com- Anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrat, Rezka Oktoberia revitalisasi 2 jaringan irigasi yersier yang berada di Jorong Guguak Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat.

Program Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) demikianlah Nama Program Kementrian PUPR via Ditjen Sumber Daya Air yang bisa dibawa ke Dapil oleh sang Legislator Rezka Oktoberia.

Rezka Oktoberia Srikandi Luak 50 tersebut berharap Pemenuhan ketersedian air untuk persawahan bisa meningkatkan hasil Produksi.

“Melalui P3-TGAI kita bisa membawa Program Kementrian PU-PR ke Daerah kita, untuk Tahap I kita bisa bangun di 18 Nagari se Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkapnya.

Baca Juga :   Gempa 6, 2 SR Di Pasaman, Hancurkan Ratusan Rumah Dan Beberapa Sekolah Mengalami kerusakan Berat

“Program ini selaras dengan Usulan dari Kelompok P3A di Masing masing Nagari yang kami serap Via Reses Tahun sebelumnya,” tukuknya.

“Kami berharap dengan lancarnya air Irigasi ke Lahan Lahan Pertanian, bisa meningkatkan Produksi Pertanian (Padi),” imbuhnya.

“Kami akan selalu mengeksplorasi kebutuhan Daerah, Khususnya Limapuluh Kota, untuk bisa kita perjuangkan di Pusat,” pungkasnya.

Kepala Jorong Guguak Oska Ridha bersyukur dan berterima kasih atas atensi dan Perjuangan Ibuk Rezka,
“Jaringan Irigasi Tersier sepanjang ±400 M tersebut banyak bergantung dari ketersediaan air dari Jaringan Irigasi ini, sehingga kalau Aliran air sudah lancar, kami berharap bisa meningkatkan Produksi Petani kami,” ujar Kepala Jorong Guguak Oska Ridha.

Baca Juga :   Warga Desa Sungai Udang Keluhkan Arus Listrik Karena Lampu Redup

“Terima kasih Buk Rezka Oktoberia yang sudah susah payah berjuang memperjuangkan aspirasi masyarakat kami, mudah mudahan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarkat Petani kami pada Musim Panen berikutnya,” pungkasnya.

Senada dengan Pak Jorong, Wali Nagari Guguak VIII Koto, Yosrizal, SH.MH tak urung ikut bersyukur.

“Jaringan Irigasi ini berasal dari Jaringan Irigasi Primer DI Tanjung Bataut Jorong Kubang tungkek,” ungkap Wali Yosrizal.

“Produktifitas tani kami sangat bergantung dengan ketersedian air, Jika sudah direvitalisasi dengan sistem betonisasi maka akan tidak langsung menyerap ke tanah, sehingga ketersedian air bisa dipertahankan pada Jaringan Irigasi,” tukuknya.

Wali Yosrizal menambahkan bahwa tahun ini Nagari Guguak bisa dapat 2 Program, mudah mudahan tahun berikut bisa menyasar pada Program program bermanfaat lainnya yang bisa dibawa Ibuk Rezka dari Pusat Ke daerah.

Baca Juga :   Sahur On The Road. HMI salurkan SEMARAK (Sedekah Makan Untuk Rakyat) dari Laznas Dewan Da'wah Riau

Tim