9 Geopark Sumatera Barat, Harau Termasuk?

cMczone.com- Geopark adalah sebuah wilayah geografi yang memiliki warisan geologi dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi, termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang menyatu di dalamnya, yang dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Dilansir dari Situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif Indonesia (Nov-2022), Setidaknya ada 9 Situs di Provinsi Sumatera Barat yang sudah ditetapkan sebagai kawasan Geopark;

1. Ngarai Sianok – Bukittinggi
2. Harau – Limapuluh Kota
3. Danau Maninjau – Agam
4. Danau Tarusan Kamang – Agam
5. Danau Singkarak – Tanah Datar/Solok
6. Kota Tambang Sawahlunto
7. Danau Kembar – Solok
8. Goa Batu Kapal – Solok Selatan
9. Silokek – Sijunjung.

Baca Juga :   Marlin Agustina Serahkan Bantuan Minyak Goreng: Semoga Membantu Masyarakat

Ditetapkannya Harau sebagai salah satu kawasan Geopark tentu membesarkan hati, bahkan keindahan Harau direncanakan akan dijadikan pilot project menuju Geopark dunia ke UNESCO.

Harau terletak di dekat kota Payakumbuh. Namanya adalah Lembah Harau, atau yang biasa disebut sebagai Yosemite versi Indonesia. Di lembah ini, terdapat tebing yang menjulang setinggi 100 hingga 500 meter dan mengalir deras beberapa air terjun.

Sebagai area konservasi, Lembah Harau dengan luas 669 hektare ini juga merupakan rumah bagi berbagai satwa, seperti owa, kera, berbagai macam spesies burung, dan masih banyak lagi.

Dikatakan, Lembah Harau satu-satunya Geo heritage berkelas dunia menuju kawasan Unesco Global Geopark yang sedang dibuat masterplannya tahun ini (2022) oleh Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga :   Bupati 50 Kota Melalui Pembantunya Membela Diri, Klaim Peduli, Tapi Faktanya Bupati Tidak Memikirkan Kebutuhan dan Kesejahteraan ASN, PPPK dan Pekerja

Sementara itu, Nofizar yang lebih dikenal Bang Bodal, alumni ITB 81 geologi yang juga Inisiator Geopark Nasional, mengatakan Geopark Harau disiapkan menjadi Geopark kelas dunia karena miliki potensi geoheritage dengan bebatuan konglomerat yang bernilai.

Dijelaskan, Lembah Harau merupakan suatu bukti siklus kegiatan kulit bumi yang dinamis. Terbentuk puluhan juta tahun yang lalu, meninggalkan jejak sedimentasi purba serta bukti patahan kulit bumi yang menghasilkan bentang alam sangat fenomenal.

Selain Harau yang sudah berkembang menjadi kawasan Wisata yang ramai dikunjungi, Kabupaten Limapuluh kota masih memiliki Kawasan-kawasan Wisata yang recomended untuk dikunjungi Wisatawan, antara lain :
1. Kelok Sambilan
2. Wisata Kapalo Banda – Taram
3. Bukik Bulek – Taram
4. Air Terjun Lubuak Bulan – Kubang Balambak – Nagari Simpang Kapuak
5. Air Terjun Sarasah barasok – Banja Loweh
6. Air Terjun Lubuak Batang, Koto Bangun Kapur IX
7. Padang Mangatas – Mungo
8. Dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Medan Utara Pers Serahkan Bukti-bukti Dugaan Pelanggaran UU Lingkungan Hidup PT. GS, Kepada LSM Formapera

Didalam Kawasan Wisata Lembah Harau juga sudah hadir dan sedang berkembang, yakni : Bukik Soriak Land (Tarantang) yang menawarkan sensasi menginap di Glamping Heaven, sekarang sudah ready 5 Glamping Heaven untuk disewakan bagi wisatawan.

Soe-crie