Sidang Sengketa Pilpres 2024 Media Asing Soroti Tuntutan Anies

cMczone.com-Media asing menyoroti gelaran sidang perdana sengketa hasil pemilihan presiden atau Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu (27/3).

Media berbasis di Qatar, Al Jazeera, mewartakan salah satu calon presiden yang kalah, Anies Baswedan, mengatakan kepada pengadilan bahwa pemilu Februari lalu tidak adil dan penuh dengan campur tangan.

Jazeera juga menyoroti tuduhan Anies soal dugaan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai pemenang pemilu memanfaatkan pengaruh rezim berkuasa untuk menggiring suara pemilih.

“Anies, eks Guberbur Jakarta dan Menteri Pendidikan, menuduh ada tekanan besar dari pemerintah terhadap pemerintah daerah, dan mobilisasi bantuan sosial dipakai ‘alat transaksional’ untuk memastikan hasil (pemilu) sesuai,” bunyi kutipan laporan Al Jazeera.

Baca Juga :   Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Gelar Pelatihan Optimalisasi Lahan Pekarangan

Bukan hanya Al Jazeera saja, kantor berita berbasis di Inggris, Reuters, juga mewartakan hal serupa.

Dalam laporannya, Reuters bahkan menyoroti permintaan Anies untuk mendiskualifikasi Prabowo dan Gibran dari Pilpres 2024.

“Pemilu ini, kata Anies, menunjukkan bahwa negara demokrasi terbesar ketiga di dunia ini sedang berisiko terjerumus kembali ke masa lalu yang otoriter,” bunyi laporan Reuters.