Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar di Riau

cMczone.com-

Setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau, Presiden RI Joko Widodo dan rombongan langsung menuju Gerbang Tol Tanjung Alai XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, untuk meresmikan ruas tol tersebut pada Jumat (31/5/2024).

Dalam kunjungan ini, Presiden didampingi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Ma’azat, Lc., Ma., Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Plt Deputi Bidang Protokol, Pj Gubernur Riau SF Harianto, SE, MT, Pj Bupati Kampar Hambali, SE, MH, dan Forkopimda Riau.

Baca Juga :   Perekrutan Mahasiswa Baru, Yuk Intip Program Studi Istimewa di UNM

Dalam pidato singkatnya, Jokowi menyampaikan bahwa Tol Sumatera ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 km ini dibangun sejak tahun 2019 hingga 2024, dengan anggaran sekitar Rp 4,8 triliun. Saat ini, tol tersebut telah selesai dan dapat digunakan.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa tol ini merupakan bagian dari trans-Tol Sumatera yang akan terus disambungkan dari Kota Pekanbaru hingga Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Jokowi juga menambahkan bahwa terkait Instruksi Presiden (Inpres) mengenai pembangunan jalan daerah di Provinsi Riau, telah dibangun ruas jalan sepanjang lebih kurang 63 km dengan anggaran sekitar Rp 369 miliar.

“Saya titip kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota, khususnya Bupati Kampar, agar jalan tol yang telah selesai ini didesain dan disambungkan juga ke jalan produktif, baik di kawasan pertanian, perkebunan, maupun pariwisata, sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi,” ucap Jokowi.

Baca Juga :   Kombesgor Kepri Ajak Masyarakat Olah Sampah dengan Prinsip 3R

Presiden Jokowi berharap dengan adanya tol yang berkesinambungan ini, mobilitas perdagangan dan angkutan dapat dipercepat, sehingga Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia.

“Kita berharap semoga ini juga bisa mempercepat mobilitas perdagangan dan angkutan, sehingga kita mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” tambah Jokowi.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar Hambali, SE, MH, usai peresmian menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Presiden RI Joko Widodo. Ia menyebut bahwa selama ini Kampar merasa seperti bermimpi bisa memiliki jalan tol, yang biasanya hanya ada di Pulau Jawa.

“Berkat program Bapak Jokowi, Kampar kini memiliki jalan tol. Semoga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, terutama di sektor transportasi. Kami juga berharap tol ini segera tersambung ke Sumatra Barat,” tutur Hambali.

Baca Juga :   Jelang Hari Jadi Polwan ke-72, Polwan Polres Tanjungpinang Tabur Bunga di TMP

Terkait arahan Presiden Jokowi untuk membuka ruas jalan produktif, Pemda Kampar akan terus berupaya untuk melakukannya demi kepentingan masyarakat Kampar,” pungkasnya. (Diskominfo/AN).