Nurkhalis Dt. Bijo : Tingginya Angka Pengangguran Limapuluh Kota, BLK Payakumbuh Buka Pelatihan Menjahit Pakaian Wanita Dewasa di Gunuang Omeh

cMczone.com, Limapuluh Kota, Sumbar- Tingginya angka pengangguran di Kabupaten Limapuluh Kota menyentuh Anggota DPRD Sumatera Barat berinovasi melalui pokirnya untuk memberikan pancing bagi warga untuk bisa mengail rezeki.

Inovasi memberikan pancing untuk mengail rezeki salah satunya adalah memberikan ilmu menjahit kepada warga, melalui Pelatihan.

H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo, S.pt melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Payakumbuh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar membuka pelatihan kerja berdasarkan Klaster Kompetensi Menjahit Pakaian Wanita Dewasa di Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, kamis, (27/6).

Diikuti sebanyak 16 orang peserta selama 240 JP (jam pelajaran), pembukaan pelatihan klaster kompetensi turut dihadiri Kadisnakertans Sumbar diwakili Kepala BLK Payakumbuh H. Satri Edi,S.Sos, Kadisperinnaker Limapuluh Kota Ayu Mitria Padri, Bamus Koto Tinggi, Wali Nagari Koto Tinggi diwakili.

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Inisiasi Acara Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 (23-24) Oktober 2021

Kadisnakertrans Sumbar diwakili oleh Kepala BLK Payakumbuh H. Satri Edi, S.Sos bermohon kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan bersungguh-sungguh.

“Kegiatan ini juga selaras dengan visi dan misi Gubernur Sumatera Barat yakni : Sumatera Barat yang madani unggul dan berkelanjutan serta menciptakan 100 ribu entepreneur-entepreneur baru,” Ucapnya.

Anggota DPRD Sumbar H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo, S.pt yang berhalangan hadir dan memohon maaf kepada seluruh peserta berpesan,

“Melalui Pokir kami Implementasikan usulan Warga saat Reses, mudah-mudahan Pelatihan menjahit yang diusulkan warga bisa terlaksana sesuai rencana dan tepat sasaran, sehingga dengan bekal ilmu menjahit bisa membuka khazanah dalam dunia usaha yang mendatangkan Pemasukan bagi peserta,” ungkap Dt.Bijo.

Baca Juga :   Edukasi Bahaya Narkotika, TMMD Gelar Penyuluhan Narkoba

“Kita sebagai Wakil rakyat setidaknya sudah memberikan stimulus bagi warga untuk membangun sendiri dunia usahanya, salah satunya dengan memberikan ilmu menjahit,” tukuk Dt.Bijo.

Selanjutnya Dt.Bijo berharap, dengan memberikan Stimulus berupa Ilmu menjahit hendaknya bisa menambah Pemasukan bagi Keluarga, sehingga Angka Pengangguran bisa diturunkan.

Sementara itu, Kadisperinnaker Limapuluh Kota Ayu Mitria Padri di dampingi Kabid Ketenaga Kerjaan beserta staf berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan serius.

“Kami dari (Pemkab) Limapuluh Kota sangat mendukung pelatihan ini dan sangat berterima kasih kepada Naketrans Sumbar BLK Payakumbuh dan anggota DPRD Sumatera Barat H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo, S.pt.” Ujarnya.

(Tim)