LiveNews

Jelang Pelantikan Presiden Dan Wapres , Jokowi Terima Tamu Negara

Jakarta (cMczone.com )  — Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menerima sejumlah pemimpin negara sahabat sebelum dan sesudah pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024. Jokowi menerima para tamu negara itu di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Menteri Luar Negeri 2014-2019, Retno Marsudi mengatakan sebelum pelantikan, Jokowi akan bertemu Sultan Brunei Darussalam Sultan, Hassanal Bolkiah; Perdana Menteri Australia, Scott Morrison; Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong; Perdana Menteri Kamboja, Y.M. Hun Sen; dan Raja Eswatini, Raja Mswati III.

“Sultan Brunei Darussalam, PM Australia, PM Singapura, Perdana Menteri Kamboja dan Raja Eswatini,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Retno menyebut usai pelantikan di Gedung MPR/DPR, Jokowi kembali menerima tamu negara. Kali ini, Jokowi akan menerima Wakil Presiden China, Wang Qishan; Wakil Presiden Sosialis Vietnam, Đặng Thị Ngọc Thịnh; Wakil Presiden Myanmar, Henry Van Thiio

Kemudian, presiden terpilih itu juga akan menerima utusan khusus negara sahabat, antara lain Utusan Khusus Presiden Republik Korea, Noh Young-min; Utusan Khusus Presiden Filipina, Theodoro Locsin; Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang, Nakayama Norihiro.

Kemudian Utusan Khusus Presiden Persatuan Emirat Arab, Y.M. Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan; dan Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat, Hon. Elaine L.

“Setelah bapak pelantikan; akan ada lagi wakil presiden RRT, wakil presiden Vietnam, wakil presiden Myanmar, dan para utusan khusus. Utusan khusus dari Korea, Filipina, Jepang, UAE dan Amerika Serikat,” ujar Retno.

Jokowi bersama wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai presiden-wakil presiden di Gedung DPR/MPR pada hari ini, Minggu (20/10). Acara pelantikan bakal dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Setelah itu, Jokowi-Ma’ruf langsung ke Istana Negara. Tidak ada parade yang dihadiri para relawan dan simpatisan. Mulanya, parade memang ingin dilakukan oleh para relawan di Patung Kuda sampai Istana Negara, namun, dibatalkan

Exit mobile version