Wadanlantamal IV Tinjau Pelaksanaan Serbuan Vaksin TNI di Pelabuhan SBP Tanjungpinang

Tanjungpinang – Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M, mewakili Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, meninjau secara langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi TNI Covid-19 yang berlangsung di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (26/6/2021).

Peserta vaksinasi yang mendaftar sebanyak 417 orang yang terdiri dari 266 orang divaksin dosis 1 kemudian sebanyak 151 orang divaksin dosis 2.

Perserta vaksin yang mendaftar yaitu para nahkoda Kapal dan ABK-nya, para calon penumpang kapal, para petugas yang bekerja di Pelabuhan seperti Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), Portir serta masyarakat yang tinggal di sekitar pelabuhan.

Baca Juga :   Video Aksi Brutal Geng Motor Hingga Korban Tewas

Seperti diketahui, bahwa pelabuhan merupakan tempat dimana intensitas, interaksi dan mobilitas barang dan orang sangat tinggi yang berasal dari berbagai wilayah baik dari pulau-pulau yang berada di wilayah Tanjung Balai Karimun, Batam, Lingga, Natuna maupun dari luar Kepri.

Pelaksanaan vaksinasi dilayani oleh Pcare Rumkital Midiyato Suratani, Dinas Kesehatan Lantamal IV, yang diawali dengan pendaftaran, screening untuk mengetahui gejala apas saja yang dialami sebelum dilakukan penyuntikan.

Kadiskes Lantamal IV mengatakan, bahwa kegiatan Serbuan Vaksin Covid-19 ini digelar merupakan bentuk kerjasama dengan satuan samping yaitu Diskes Lantamal IV, Rumkital Midiyato Suratani, Klinik KKP, Poliklinik Lanud RHF dan Poltekkes.

“Para pelaku usaha di sektor transportasi laut dan calon penumpang kapal adalah sasaran prioritas vaksinasi, karena memiliki tingkat interaksi sangat tinggi dengan masyarakat dan mobilitas keluar Tanjungpinang sangat tinggi, sehingga kita berikan vaksin Covid-19,” ungkap Kadiskes.

Baca Juga :   Danlantamal IV Hadiri Sidang Komisi Pantukhir Pusat Caba dan Cata PK TNI-AL 2021 di Tanjung Uban

Pentingnya vaksinasi dalam mendukung kegiatan pelayanan di pelabuhan dan transportasi laut untuk memberikan perlindungan dari resiko penyebaran Covid-19 di wilayah Kepri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Karumkital Midiyato Suratani, Wakamed Rumkital Midiyato Suratani, Kapokli Rumkital Midiyato Suratani, para Pejabat Utama Lantamal IV serta para Kadis dan Kasatker Lantamal IV.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV