Secara Virtual, Diskual Gelar Rekonsiliasi Tingkat Satker UO TNI-AL Semester I 2021

Tanjungpinang (Kepri), cMczone.com – Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) Mabesal secara virtual menggelar kegiatan Rekonsiliasi Internal Tingkat Satker Unit Organisasi (UO) TNI Angkatan Laut Semester I TA 2021, yang berlangsung Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, No.1, Batu Hitam, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (13/7/2021).

Kegiatan tersebut, dalam rangka penyusunan laporan keuangan semester satu tahun 2021 yang diikuti oleh segenap Badan Perencanaan (Baren), Badan Keuangan (Baku), Badan Logistik (Balog), dan seluruh Unit Organisasi TNI Angkatan Laut.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Keuangan Angkatan Laut (Sekdiskual) Kol Laut (S) Putu, yang mewakili Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Pudji Santoso.

Baca Juga :   Operasi Aman Nusa II: Polres Tanjungpinang Bagikan Makanan pada Masyarakat Terdampak Covid-19

Dalam amanatnya, Kadiskual yang dibacakan oleh Sekdiskual mengatakan, bahwa rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/sub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama.

“Penyelenggaraan rekonsiliasi yang akan dilaksanakan saat ini adalah rekonsiliasi internal terkait dengan realisasi anggaran pendapatan, belanja dan aset negara yang bersumber dari Dipa tahun anggaran 2021. Tujuannya, agar diperoleh sinkronisasi data antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik secara transparan dan akuntabel,” jelas Kadiskual.

Pada akhir amanatnya Kadiskual menekankan beberapa hal diantaranya, data yang digunakan untuk rekonsiliasi internal adalah realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Semester I TA 2021.

“Lalu jadikan hasil rekonsiliasi internal ini sebagai dasar Penyusunan Laporan Keuangan Semester I TA 2021,” pungkas Kadiskual.

Baca Juga :   Safari Ramadhan,Bupati Muarojambi Dampingi Gubernur

Hal tersebut sesuai dengan arahan Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, bahwa dalam membangun Zona Integritas (ZI) di wilayah kerja Lantamal IV sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Rencananya kegiatan tersebut akan digelar dibagi lima gelombang, yaitu pada tanggal 13 Juli 2021 sampai dengan 19 Juli 2021, sedangkan Lantamal IV sendiri mendapat giliran gelombang Kelima, yaitu pada tanggal 19 Juli 2021.

Kegiatan tersebut telah mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat, yaitu dengan menerapkan program 5M

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kakuwil Lantamal IV Kolonel Laut (S) Joko Wahyu di, Ka Akun Lantamal IV, Ka Akun Fasharkan Mentigi, Ka Akun RSAL Midiyato Suratani, Balog Lantamal IV, Baren Lantamal IV, BP Fasharkan Mentigi, BP RSAL Midiyato Suratani, Operator Saiba Lantamal IV dan Operator Simak Lantamal IV.

Baca Juga :   Antusias Warga Desa Jebus,Syafari Ramadhan Bupati Muaro Jambi

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV