PPKM Diperpanjang Hingga 8 Agustus, Ansar Ahmad Minta Pusat Kirim Antigen dan Obat-obatan

Bintan (Kepri), cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, siap memberikan dukungan atas kebijakan Pemerintah Pusat untuk memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Kepri, khususnya Kota Batam dan Tanjungpinang. 

Hal itu disampaikan Ansar saat mengikuti Rapat Koordinasi Penerapan PPKM Level IV di Luar Jawa dan Bali secara virtual dari Kabupaten Bintan, Sabtu (24/7/2021).

“Kami mendukung dilanjutkan pelaksanaan PPKM Level IV, karena penerapan PPKM beberapa waktu yang lalu meskipun menurunkan angka Covid-19 sampai 30 persen di Kepri tapi masih berfluktuasi,” ujar Ansar.

Pada rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan Pemerintah Pusat maka dua wilayah Provinsi Kepri, yaitu Kota Batam dan Tanjungpinang diterapkan PPKM Level IV dari tanggal 26 Juli sampai dengan 8 Agustus 2021.

Baca Juga :   Satpol PP dan UPTD Pasar Melakukan Kegiatan Peringatan Pada PKL Yang Membangkang

Hal ini dikarenakan peningkatan persen kumulatif kasus terkonfirmasi di Kepri cukup besar di angka 54,8 persen, sementara kasus aktif di Kepri per 23 Juli 2021 tercatat sebesar 8.780 kasus. Adapun PPKM Level IV akan diterapkan di 45 kabupaten/kota di 21 Provinsi se-Indonesia.

Direncanakan paling lambat, Minggu (25/7/2021) pagi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, akan mengeluarkan Inmendagri terbaru mengenai pelaksanaan PPKM Level IV di Luar Jawa dan Bali.

Ansar mengatakan, salah satu kendala yang ada di Kepri adalah pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment) yang belum terakumulasinya laporan secara keseluruhan karena petugas-petugas di Puskesmas banyak yang terpapar Covid-19, meskipun testing dan tracing sudah meningkat lebih baik.

Baca Juga :   Ayo, Dukung Zul Eliani di Ajang Pemilihan Putri Hijab Indonesia 2020 Perwakilan Riau

“Sehingga kami mengambil langkah beberapa tenaga-tenaga di kantor kecamatan akan kita perbantukan di Puskesmas untuk merekapitulasi laporan 3T,” kata Ansar.

Ansar juga memohon kepada Pemerintah Pusat untuk mengirimkan 147.000 rapid antigen untuk 14 hari pemberlakuan PPKM Level IV nanti. Juga termasuk obat-obatan Covid-19.

Sebagai tambahan informasi, capaian vaksinasi di Kepri merupakan ketiga yang tertinggi secara nasional dengan capaian per Jum’at (23/7/2021) sebanyak 64,21 persen atau rata-rata realisasi harian 4.407 orang. Juga Kepri termasuk provinsi dengan tingkat konversi tempat tidur isolasi pasien Covid-19 tertinggi di angka 35 persen.

Untuk itu Ansar berharap, dengan serbuan vaksinasi yang masif dan konversi tempat tidur sekaligus kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan yang ketat akan segera meredakan penyebaran Covid-19 di Kepri.

Baca Juga :   Harimau Yang Meresahkan Warga Dusun Baru Air Batu Akhirnya Dapat Di Evakuasi

Editor : Budi Adriansyah